7 Manfaat Kacang Panjang bagi Tubuh: Jaga Kesehatan Tulang dan Kulit

Selain nikmat dan dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, kacang panjang juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Sayuran hijau ini mengandung beberapa nutrisi penting yang mampu menjaga kesehatan tubuh tetap prima.

Lalu apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat kacang panjang untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan nutrisi kacang panjang 

Manfaat kesehatan yang kita dapat dari kacang panjang tak lepas dari kandungan nutrisi penting di dalamnya. Kacang panjang mengandung berbagai vitamin dan juga mineral penting.

Dalam takaran saji 100 gram kacang panjang terdapat 47 kalori, 4 mg sodium, 8 gram total karbohidrat (2 persen dari AKG atau angka kebutuhan harian), dan 3 gram protein (5 persen AKG), tanpa lemak total, dan tanpa kolesterol.

Berikut kandungan nutrisi penting lainnya yang terdapat dalam 100 gram kacang panjang:

  • Kalori : 47
  • Karbohidrat : 8,35 gram
  • Protein : 2,8 gram
  • Lemak total : 0,40 gram
  • Kolesterol : 0 miligram
  • Folat : 62 mikrogram
  • Niacin : 0,410 miligram
  • Asam pantotenat : 0,055 miligram
  • Piridoksin : 0,024 miligram
  • Riboflavin : 0,110 miligram
  • Thiamin : 0,107 miligram
  • Vitamin A : 865 IU
  • Vitamin C : 18,8 miligram
  • Kalsium : 50 miligram
  • Fosfor : 59 miligram

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan

Berkat kandungan nutrisi tersebut, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi kacang panjang:

1. Turunkan risiko asam urat

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi berperan penting dalam pencegahan asam urat, sebuah kondisi yang kerap menyerang persendian.

Melansir Health Benefits Times, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi 1.000-1.499 mg vitamin C, kemungkinan terkena asam urat menurun sebesar 31 persen.

2. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tulang

Kacang panjang mengandung mangan, kalsium, dan juga vitamin K yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang.

Dengan mengonsumsi kacang panjang, kamu bisa mendorong kesehatan tulang yang lebih baik dan mencegah berbagai penyakit termasuk osteoporosis.

Baca Juga : Ini Segudang Manfaat Vitamin C yang Mesti Kamu Ketahui

3. Sumber antioksidan yang baik

Antioksidan sangat penting bagi tubuh karena melawan efek radikal bebas. Kacang panjang merupakan sumber antioksidan yang penting.

Salah satu antioksidan yang sangat kuat adalah vitamin C. Dalam 100 gram kacang panjang setidaknya terdapat 18,8 miligram vitamin C.

Vitamin C merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun.

Selain vitamin C, kacang panjang juga mengandung iron, tembaga, mangan, kalsium, dan magnesium. Tubuh menggunakan mangan sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan penting yakni superoksida dismutase.

4. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan kulit

Selain mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengurangi munculnya keriput, kulit kering, dan memperlambat proses penuaan, kacang panjang juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Vitamin A adalah salah satu vitamin penting bagi tubuh yang disediakan melalui makanan. Vitamin A mampu menjaga integritas mukosa, meratakan warna kulit, dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Baca Juga : 7 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan Wajah

5. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan ibu hamil

Kacang panjang segar juga bisa bawa manfaat untuk ibu hamil karena mengandung tinggi folat. Folat bersama dengan vitamin B12 adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel.

Konsumsi folat yang cukup dalam makanan selama pembuahan dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi saat lahir.

6. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan pencernaan

Kacang panjang mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah besar. Serat makanan membantu melindungi mukosa usus besar dengan cara mengurangi waktu paparan zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. 

Makanan kaya serat juga diketahui mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dengan cara mengurangi reabsorpsi asam empedu pengikat kolesterol di usus besar.

7. Mencegah diabetes

Kacang panjang memang sangat layak dimasukkan ke dalam menu makanan sehat kamu sehari-hari. Selain kandungan nutrisi penting, kacang panjang juga rendah akan gula serta kalori.

Hal ini membuat kacang panjang mampu mengontrol kadar gula berlebih, sehingga mencegah diabetes. Jadi sangat aman untuk kamu yang sudah terdiagnosis diabetes.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat kacang panjang? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

 136 total views,  2 views today