7 Posisi Hubungan Seks Ini Bisa Memperbesar Peluang Kehamilan Lho!

Apakah kamu saat ini sedang merencanakan kehamilan? Pernahkah kamu mendengar bahwa posisi seks menentukan peluang hamil? Faktanya, meski telah dipercaya sebagian orang, penelitian masih belum dapat membuktikan hal tersebut. 

Peluang kehamilan ditentukan oleh banyak hal lain lebih kompleks. Seperti waktu berhubungan seksual dan usia dari wanita.

Namun, jangan terlalu khawatir. Meski belum banyak bukti kuat, beberapa posisi berikut direkomendasikan bagi kamu yang ingin segera memiliki keturunan. 

1. Posisi misionaris

Posisi ini cukup populer dianggap sebagai posisi paling efektif untuk bisa hamil. Ketika pria berada di atas, serviks wanita bisa lebih mudah masuk. Di samping itu posisi ini juga membuat sperma lebih mudah mengalir ke lubang vagina dan menuju rahim. 

2. Doggy style

Pada dasarnya, gaya apapun yang memungkinkan penetrasi lebih dalam dapat membantu sperma lebih mudah meraih rahim. Sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan lebih besar. 

Doggy style menempatkan wanita di posisi merangkak sedangkan pria berada di belakangnya. Berdasarkan penelitian, doggy style dapat membuat penetrasi lebih dalam daripada misionaris. Dengan begitu sperma dapat sampai ke rahim dengan lebih mudah. 

3. Posisi kaki di bahu

Mirip dengan misionaris, posisi ini dilakukan dengan mengaitkan kaki wanita pada bahu pria. Posisi ini memungkinkan sperma pada posisi yang lebih dekat dengan rahim. Di samping itu, posisi ini memungkinkan gravitasi membantu sperma bergerak lebih jauh. 

4. Posisi reverse cowgirl

Dalam posisi ini, wanita berada di atas, duduk, dan memalingkan wajah dari pasangan. Sudut pada posisi reverse cowgirl dianggap mampu mengontrol kedalaman penetrasi untuk efektivitas yang optimal.

5. Posisi gunting

Posisi ini dilakukan dengan saling berhadapan saat berhubungan sambil berbaring miring. Selain unik, posisi ini juga memungkinkan terjadinya penetrasi lebih dalam. Dengan begitu, kemungkinan hamil juga dianggap bisa meningkat. 

6. Rear entry

Mirip dengan doggy style, rear entry membuat pria harus memasukkan penis dari belakang. Posisi ini juga memungkinkan penetrasi terjadi lebih dalam sehingga sperma bisa berenang menuju rahim dengan lebih mudah. 

Bahkan dalam studi Journal of Sex & Marital Therapy, posisi ini sudah diketahui dapat membantu penis menjangkau lebih dalam lubang vagina daripada posisi misionaris.

7. Posisi wheelbarrow

Posisi seks lainnya yang memperbesar peluang kehamilan adalah wheelbarrow. Posisi ini dilakukan dengan cara pria memegangi kaki wanita dan memasukan penisnya lewat belakang.

Dengan begitu penetrasi dapat terjadi lebih dalam sehingga sperma bisa berenang dan lebih dekat ke sel telur.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Risiko Gunakan Air Liur untuk Pelumas Seks

Seks terbaik untuk hamil 

Seperti yang sudah disebutkan, sejauh ini tidak ada penelitian mengenai posisi seks yang secara pasti meningkatkan peluang hamil. 

Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa orgasme wanita membantu pergerakan sperma ke dalam rahim akibat kontraksi. Orgasme wanita dapat terjadi tepat sebelum, selama, atau beberapa saat setelah pasangan pria ejakulasi. 

Untuk itu, memerhatikan aspek selain posisi seks juga penting. Misalnya, pemanasan lebih lama dan tingkat gairah seksual lebih tinggi sebelum ejakulasi telah terbukti meningkatkan jumlah sperma dalam beberapa penelitian.

Hal yang perlu dilakukan setelah berhubungan seks

Setelah melakukan hubungan seks, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Meski bukti mengenai hal ini masih sedikit, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut penjelasannya. 

  • Berbaring diam. Berbaring sekitar 10-15 menit dapat membantu sperma mencapai tujuannya. Setelah itu, buanglah air kecil untuk membantu membuang kuman di sekitar saluran uretra yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.
  • Sangga panggul. Selipkan bantal di bawah pinggul setelah berhubungan seks agar gravitasi bisa membantu menggerakkan sperma ke rahim. Lakukan hal ini dalam waktu sekitar 10-15 menit.
  • Angkat kaki. Beristirahatlah sambil mengangkat kaki di atas dinding. Posisi ini mungkin dapat membantu sperma bergerak ke arah rahim. 

Bagaimana sudah tahu kan posisi apa saja yang bisa kamu coba untuk meningkatkan peluang kehamilan? Perlu diingat, selain posisi seks masih banyak faktor yang secara pasti dapat mendukung terjadinya kehamilan ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar seks dan kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

 136 total views,  2 views today