Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipi

Demi menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa lho mengandalkan obat tradisional asal Indonesia yaitu jamu. Minuman ini biasanya terdiri dari berbagai jenis rempah pilihan dan tanaman herbal. 

Rasa yang khas dan sudah teruji khasiatnya, membuat jamu masih populer dari nenek moyang hingga generasi saat ini. Untuk kamu yang baru ingin mencoba, sebaiknya ketahui dulu lima jenis dan manfaat jamu berikut ini! 

1. Kunyit asam

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipidoc.internet

Jamu kunyit asam merupakan jamu yang paling sering dicari oleh perempuan. Bahan utamanya adalah kunyit, asam jawa, gula merah dan temulawak. Kandungan kurkumin yang terdapat  di dalam kunyit menyimpan antioksidan yang tinggi, anti inflamasi dan anti kanker. Tak hanya itu, minuman berwarna kuning ini juga dipercaya bisa mengurangi nyeri saat haid. Kamu bisa mengonsumsi kunyit asam ketika dingin ataupun panas. Nikmat! 

2. Beras kencur

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipidoc.internet

Beras kencur merupakan salah satu jamu paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Terbuat dari ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Rasanya hangat dan manis, sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa. Manfaat jamu beras kencur adalah dapat meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan pegal. Cocok nih untuk kamu yang lagi program menaikan berat badan. 

3. Cabe puyang

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipidoc.internet

Jamu cabe puyang ini terdiri dari cabe jamu, puyang, serta aneka rempah lainnya. Khasiat utamanya adalah menghilangkan rasa pegal, sakit pinggang dan menghilangkan kesemutan. Jamu ini pas banget kamu konsumsi malam hari karena dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Temulawak

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipibeautybyneha.com

Tentu saja temulawak menjadi bahan utama dari jamu ini. Campurannya terdiri dari asam jawa, gula aren, daun pandan, dan jinten. Khasiatnya juga banyak sekali, mulai dari meredakan pusing, mual, dan gejala pusing. Bisa kamu tambahkan lemon atau jeruk nipis untuk mendapatkan rasa segar. 

5. Galian singset

Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Jenis Jamu yang Wajib Kamu Cicipiwhatsnewindonesia.com

Salah satu rahasia nenek moyang kita untuk menjaga keindahan bentuk tubuh. Jamu galian singset terdiri dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah tradisional lainnya. 

Jika dikonsumsi secara teratur, jamu ini dipercaya bisa menjaga berat badan, dan menjaga kesehatan organ kewanitaan. Rasanya segar, manis, dan mampu menghatkan perut. Bisa kamu cicipi nih, Bela!

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Memanjangkan Bulu Mata Kamu

Baca Juga: 5 Masker Alami untuk Merawat Keindahan Payudara

Baca Juga: Deretan Bahan Alami yang Dapat Membuat Kulit Glowing

 98 total views,  2 views today