Bisnis Kaktus Hias Peluang Usaha Rumahan Menguntungkan

Bisnis kaktus hias atau kaktus mini sekarang ini menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Kaktus hias merupakan tanaman kering yang digunakan untuk tanaman hias pekarangan rumah. Tanaman kaktus hias secara umum berukuran mini biasa ditanam pada media pot. Selain untuk hiasan rumah, tanaman kaktus hias berukuran mini saat ini banyak diperjual belikan untuk kado dan souvenir acara-acara pernikahan.

Kaktus Hias

Bisnis Kaktus Hias Peluang Usaha Rumahan Menguntungkan
pinterest.com

Tanaman kaktus atau bahasa latinnya famili cactaceae mampu hidup cukup lama pada lingkungan yang panas dengan tanah kering dan sedikit air. Habitat asli tanaman kaktus adalah di gurun pasir sehingga karakteristik tanaman kaktus menyesuaikan dengan lingkungannya. Karakteristik tanaman kaktus ialah kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, pada patang kaktus tersusun dengan jaringan spon untuk penyipanan kadar air.

Akar yang dimiliki kaktus sangat panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi untuk lebih bisa menjangkau dan mengambil air dan unsur hara yang terdapat di dalam tanah. Tanaman kaktus hias yang banyak dimanfaatkan adalah jenis kaktus mini, kaktus mini ini biasa ditaruh pada meja ruang tamu rumah sebagai pelengkap hiasan dekorasi ruang tamu. Selain itu juga bisa menjadi hiasan meja kerja karena karakter tanamannya yang unik dan indah ini.

Tanaman kaktus hias memiliki jenis yang beragam. Setiap jenisnya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing dari segi bentuk dan warna bunganya. Berikut macam-macam tanaman kaktus hias. Mualid dari Ariocarpus, Astrophytum, Cereus Tetragonous, Cephalocereus Senilis, Echinocactus Grusonii, Echinofossulocactus, Ferocactus, Gymnocalycium, Haworthia Attenuata (Zebra), Lobivia Oganmaru, Mammillaria Elongata, Mammillaria Elongata Var Intertexta, Mammillaria Fraileana, Melocactus, Parodia, dan Pincushion.

Perawatan Kaktus Hias

Perawatan Kaktus Hias
hearstapps.com

Tanaman kaktus hias adalah tanaman yang unik serta tahan terhadap lingkungan yang kering. Dalam perawatannya kaktus hias juga cukup mudah. Kaktus hias cukup disemprot menggunakan sprayer tanaman untuk menjaga kualitas tanaman. Kaktus hias yang cukup unik dan dapat hidup di dalam ruangan dengan media pot sangat pas buat hiasan ruangan rumah. Tanaman ini bisa ditaruh di atas meja ruang tamu atau dimeja samping dekat ruang tamu sebagai penambah estetika keindahan interior rumah.

Sebenarnya untuk varian tertentu tanaman kaktus bisa dijadikan untuk bahan obat berbahan herbal yang manfaatnya untuk kecantikan atau perawatan kulit, mengatasi penuaan dini, sebagai obat pencegah penyakit diabetes, dan masih banyak lagi. Kaktus yang berukuran besar bisa memurnikan air tanah dan menetralisir racun yang ada didalam tanah. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas bagaimana perawatan kaktus hias supaya bisa menguntungkan dan bisa menjadi peluang bisnis kaktus hias.

1. Kaktus untuk Pekarangan Rumah

Tanaman kaktus hias yang berukuran mini bisa ditanam pada media pot kecil dan ditanam pada pekangan rumah. Dekorasinya bisa menggantungkan pot kaktus dengan menggunakan kawat pada tempat-tempat tertentu.

Selain digantung, pot kaktus bisa didesain menempel pada dinding rumah. Kaktus hias dapat ditaruh pada sebuah rak-rak yang sudah tertata rapi di depan rumah. Hal ini bisa dijadikan tempat pembiakan kaktus dan jika sudah beranak pinak, tanaman kaktus bisa  dijual.

2. Kaktus untuk Di Dalam Rumah

Tanaman kaktus hias yang sudah sepaket dan ditanam pada media pot juga bisa ditanam dalam rumah, penempatannya bisa pada meja di sekitar ruang tamu. Kaktus bisa diletakkan di meja utama atau di meja sekitar ruangan. Disarankan penempatan didekat jendela yang terdapat pancaran sinar matahari yang masuk.

Untuk perawatan tanaman kaktus sebagai dekorasi ruangan dalam rumah, penyiraman mengguankan sprayer berisi air. Semprotkan pada tanaman secukupnya, penyiraman cukup 1 minggu sekali. Penggantian media taman pada pot dilakukan 3 minggu sekali, isi dengan batu kecikil serta tanah humus bercampur pasir. Selain itu 3 hari sekali keluarkan tanaman kaktus di luar rumah agar bisa menerima nutrisi dari sinar matahari, waktu penjemuran kurang lebih 4 jam dalam sekali waktu. Lakukan hal ini rutin selama kaktus masih bisa tumbuh, karena yang namanya makluk hidup pasti mempunyai umur.

3. Kaktus Mini Hias untuk Hiasan Meja Kerja

Tanaman kaktus hias berukuran mini sangat bagus untuk diletakkan di meja kerja  sebagai penghias meja dan penenang pikiran. Karena apa? tanaman kaktus hias yang cantik dan unik ini bisa dijadikan objek yang cantik untuk menagatasi kesuntukkan ketika bekerja. Perawatan kaktus untuk penempatan di dalam ruangan sama dengan poin nomor 2 yang paling penting adalah sesekali letakkan kaktus di dekat jendela supaya bisa terkena sinar matahari secara langsung.

4. Kaktus Hias untuk Pernikahan

Kaktus hias saat ini populer untuk dijadikan pernak-penik dan souvenir acara pernikahan. Souvenir ini emmang tidak biasa dan sangat unik, karena keunikannya ini banyak yang menjadikan tanaman yang tangguh, mungil dan cantik ini sebagai souvenir. Kaktus dalam acara pesta atau penikahan biasanya ditanam pada media pot mini dengan media batu, pot ditaruh dalam kemasan paper bag dan bertuliskan kata-kata mutiara atau pesan kepada penerima souvenir.

Pot yang digunakan bisa berupa kayu handmade, dan kerjinan-kerjinan lain dari barang bekas yang menarik. Selain pada media pot dengan kemasan paper bag, saouvenir kaktus juga ada yang ditaruh di dalam wadah toples kaca bening. Tanaman kaktus akan terlihat lebih indah dan menawan.

Peluang Bisnis Tanaman Kaktus

marrymetampabay.com

Berkaitan dengan peluang bisnis dari tanaman kaktus hias bisa dikatakan menjanjikan dan belum banyak kompetitornya. Selain bisa dibudidayakan di rumah tanaman kaktus hias akan punya pangsa pasar yang beragam. Tapi ketika memang kamu belum menyanggupi untuk membudidayakan kaktus hias kamu bisa mencari suplier tanaman kaktus hias. Tinggal kamu konsep strategi marketing dan branding tanaman kaktus hias yang kamu jual.

Manfaatkanlah media sosial sebagai alat pemasaran kaktus hias yang kamu jual. Pastikan kamu juga bisa memenuhi kebutuhan visual dengan baik. Mulai dari foto sampai video produk yang kamu jual. Karakeristik kaktus hias sudah pasti erat kaitannya dengan estetika atau keindahan. Jadi, persiapkan dengan matang konsep pengambilann foto dan videonya. Berikut ini ulasan singkat mengenai harga pasar kaktus hias yang bisa kamu jadikan referensi harga yang akan kamu tentukan.

1. Kaktus untuk perseorangan

Harga tanaman kaktus hias standar untuk ditanam biasa harga sekitar 15.000 – 100.000 rupiah, harga tergantung jenis kaktus, usia, dan media pot yang digunakan. Target pasar yang tepat untuk kaktus hias standar ini adalah perseorangan. Kamu bisa membidik pasar seseorang yang bekerja di kantor seperti guru, dosen, konsultan dan lainnya. Pangsa pasar lainnya yang cukup populer adalah para pelajar atau mahasiswa.

2. Kaktus untuk souvenir

Harga kaktus hias untuk souvenir rata-rata dijual dengan harga 50.000-200.000 rupiah per parselnya. Dalam satu parsel tanaman kaktus bisa dibuat lebih dari satu jenis tanaman kaktus hias. Media tanam yang digunakan juga unik bisa didesain dari kayu atau toples kaca. Kamu bisa menargetkan pasar dan bekerja sama dengan penyelenggara event organizer acara atau pernikahan. Selain itu bisa juga dengan mempromosikan langsung ke pada konsumen melaui media online seperti instagram, facebook, dan website.

Itulah ulasan mengenai bisnis kaktus hias yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai sebuah bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Ikuti terus artikel menarik tentang bisnis rumahan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain ya!

 126 total views,  2 views today