Deodoran Sampai Botox, 9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat

Sedang mengalami bau ketiak dan berusaha mencari cara menghilangkan bau ketiak? Sebelum kamu melakukan berbagai cara untuk menyingkirkan bau ketiak, sebaiknya kamu memahami dulu kenapa seseorang bisa mengalaminya.

Bau ketiak sendiri biasanya terjadi berkaitan dengan kondisi keringat pada tubuh. Keringat sebenarnya tidak memiliki bau. Tapi saat keringat bercampur dengan bakteri di kulit, termasuk di kulit ketiak, itulah yang akhirnya menimbulkan bau tidak sedap.

Dalam dunia medis, kondisi bau ketiak atau bau badan ini dikenal dengan nama bromhidrosis. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau ketiak?

Baca Juga: Sebelum Donor Darah, Yuk, Cek Syarat dan Ketentuan Donor Darah di Sini

Penyebab bau ketiak menyengat

Ketiak yang bau menyengat seperti bawang, bisa disebabkan oleh banyak faktor penyebab lho. Gak cuma gaya hidup, ketiak bau bawang yang menyengat juga bisa karena faktor medis.

Nah apa sih penyebab bau ketiak menyengat sampai seperti bau bawang? Keringat dan bau badan disebabkan oleh kelenjar keringat di tubuh. Ada dua jenis utama kelenjar keringat: ekrin dan apokrin.

1. Kelenjar ekrin

Kelenjar ekrin terdapat di sebagian besar tubuh dan terbuka langsung ke permukaan kulit. Saat tubuh memanas, kelenjar ekrin melepaskan keringat untuk mendinginkan tubuh.

Keringat yang dihasilkan tidak berbau, sampai bakteri di kulit mulai memecahnya. Makanan, minuman, dan obat tertentu yang kamu konsumsi dapat menjadi faktor penyebab bau badan dari keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ekrin.

2. Kelenjar apokrin

Kelenjar apokrin ditemukan di area yang memiliki rambut, seperti ketiak dan selangkangan. Kelenjar ini mengeluarkan cairan tidak berbau seperti susu saat kamu stres. Cairan ini mulai mengeluarkan bau saat bersentuhan dengan bakteri di kulit.

Kelenjar ini tidak mulai bekerja sampai kamu masuk masa pubertas, itulah sebabnya biasanya setelah puber barulah kamu mulai memperhatikan masalah soal bau badan dan bau ketiak yang menyengat.

Cara menghilangkan bau ketiak dan bau badan

Terdapat dua langkah yang bisa kamu lakukan. Langkah yang pertama yaitu menghilangkan bau ketiak dan badan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

Sementara yang kedua adalah langkah yang dilakukan secara medis, di bawah pengawasan dokter. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kurangi kegiatan yang menyebabkan berkeringat

Bergerak saat terik matahari atau berolahraga membuat tubuh berkeringat. Keringat adalah cara alami tubuh untuk mengatur suhu tubuh, di saat tubuh kepanasan.

Di saat itulah, keringat dapat bercampur dengan bakteri yang ada di permukaan kulit, termasuk di ketiak dan menyebabkan bau.

Karena itu mengurangi kegiatan yang menyebabkan keringat juga akan membuatmu terhindar dari bau keringat.

2. Cara menghilangkan bau ketiak dengan deodoran

Menggunakan deodoran tidak menghentikan keringat yang keluar dari tubuh, tapi menghilangkan bau yang dihasilkan saat keringat bertemu bakteri di kulit.

Produk deodoran yang dijual bebas biasanya menggunakan pewangi untuk menutupi bau ketiak.

Produk-produk ini seringkali mengandung alkohol, membuat kulit kamu menjadi asam. Bakteri jadi kurang tertarik pada kulit yang menjadi asam, sehingga ini juga mendukung menghilangkan bau.

3. Cara menghilangkan bau ketiak dengan antiperspirant

Penggunaan antiperspirant membantu mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan. Caranya dengan memblokir sementara pori-pori yang melepaskan keringat. Semakin sedikit keringat yang ada di permukaan kulit, semakin sedikit bau yang dihasilkan.

Biasanya antiperspirant mengandung senyawa berbahan aluminium. Kamu bisa membelinya dengan mudah tanpa perlu menggunakan resep. Jika antiperspirant yang dijual bebas tidak ampuh, kamu bisa menemui dokter dan meminta resep antiperspirant yang lebih kuat.

4. Jaga kebersihan badan

Cara menghilangkan bau badan dan ketiak yang menyengat adalah jaga kebersihan tubuh. Rajin mandi menggunakan sabun antibakteri akan menjaga kulit dari bakteri di kulit.

Ini akan mengurangi timbulnya bau badan. Rajin mencukur ketiak juga bisa menjadi pilihan. Ini dapat mencegah berkumpulnya bakteri.

Selain itu ganti baju setelah berkegiatan, terutama setelah berolahraga. Karena membiarkan pakaian yang basah terkena keringat dapat membuat keringat bercampur dengan bakteri dan membuat bau badan yang menyengat.

Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah, pakai baju bersih dan nyaman. Pilih baju berbahan katun atau wol atau sutra. Bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit bernapas dan tidak mudah berkeringat.

5. Ubah kebiasaan makan

Makanan ternyata berpengaruh pada bau ketiak dan bau badan yang menyengat, lho.

Minuman berkafein dan makanan pedas atau berbau kuat dapat membuatmu lebih banyak berkeringat dan menimbulkan bau badan yang lebih tajam.

Makanan lain yang mungkin menimbulkan bau badan adalah makanan berlemak dan berminyak. Namun kamu bisa berkonsultasi pada ahli gizi atau dokter untuk memastikannya.

6. Detoks ketiak

Pernah mendengar tentang detoks ketiak? Sederhananya adalah, mengoleskan masker ketiak yang terbuat dari beberapa bahan alami pada ketiak untuk detoksifikasi.

Dengan begitu, masker ketiak dapat menjadi deodoran untuk tubuh dan mengusir bau badan. Tak cuma menjadi deodoran alami, detoks ketiak dapat menyegarkan kulit ketiak.

Penggunaan antiperspirant dan deodoran dapat meninggalkan rasa lengket di kulit ketiak. Rasa lengket ini biasanya sulit dihilangkan meski sudah mandi menggunakan sabun. Dengan melakukan detoks ketiak, kulit akan terasa lebih bersih dan segar.

Lalu bagaimana cara membuat masker detoks ketiak? Kamu bisa menggunakan beberapa bahan.

  • Menggunakan cuka apel yang dicampur dengan bentonite clay atau tanah liat yang biasa digunakan sebagai bahan masker.
  • Menggunakan minyak kelapa yang juga dicampur dengan bentonite clay. Kamu cukup mengoleskan bahan tersebut pada ketiak dan membiarkannya selama kurang lebih 20 menit. Setelahnya kamu hanya perlu membilasnya hingga bersih.

7. Lakukan kegiatan relaksasi

Menurut salah satu artikel mayoclinic.org, stres juga bisa menjadi pemicu timbulnya keringat.

Karena itu, kamu bisa mencoba kegiatan relaksasi untuk meredakan stres. Beberapa kegiatan yang bisa kamu coba antara lain yoga atau meditasi.

8. Botox

Jika kondisi bau ketiak yang menyengat tidak juga membaik dengan cara-cara sederhana, kamu bisa menemui dokter untuk mengatasinya secara medis. Biasanya dalam kondisi cukup parah, dokter akan melakukan penyuntikan botox pada ketiak.

Kaget dengan penggunaan botox sebagai obat bau badan? Pada umumnya, botox memang digunakan untuk menghilangkan kerutan pada kulit wajah, tapi ternyata botox juga memiliki fungsi lain.

Botox yang disuntikkan ke ketiak dapat memblokir impuls saraf ke kelenjar keringat. Namun, pengobatan ini memiliki kelemahan karena hasilnya tidak permanen. Dengan kata lain kamu memerlukan beberapa kali suntikan untuk menghilangkan bau ketiak yang parah.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Menghitung BMI yang Benar

9. Cara menghilangkan bau ketiak dengan operasi

Cara medis lain yang lebih serius lagi yaitu melakukan operasi. Operasi ini dikenal dengan nama endoscopic sympathectomy. Yaitu operasi menghilangkan kelenjar keringat atau saraf yang memicu keringat.

Operasi ini bisa dengan membuat sayatan kecil dengan alat khusus untuk menghancurkan saraf. Atau bisa dengan operasi yang lebih besar. Dengan cara membuat sayatan di ketiak dan melihat jelas kelenjar yang akan diangkat.

Jika bau ketiak masih dalam tahap ringan, kamu bisa mencoba cara-cara sederhana untuk menghilangkannya sebelum menemui dokter ya.

Tips memilih deodoran yang bagus

Sebelum memilih deodoran yang bagus, kamu harus tahu dulu kalau di luar sana ada 2 produk yang serupa tapi tak sama, dan punya fungsi sama yakni menghilangkan bau ketiak menyengat.

Deodoran versus antiperspirant

Kedua produk yang dimaksud adalah deodoran dan antiperspirant. Deodoran menangani bakteri yang muncul di kulit saat tubuh mengeluarkan protein dan lemak melalui keringat lalu bekerja mengurangi bau badan. 

Sementara antiperspirant bertujuan untuk mencegah keringat dan kebasahan di ketiak. Jadi kalau kamu punya masalah ketiak basah dan bau, carilah produk antiperspirant ya.

Jika kamu tipe yang tidak banyak berkeringat, deodoran biasa mungkin cocok, tetapi jika kamu mengeluarkan banyak berkeringat, lebih baik kamu memilih antiperspiran agar tetap kering. 

Berikut beberapa tips memilih deodoran yang bagus:

  • Usahakan deodoran dengan 100 persen bahan alami
  • Cari bahan aktif alami yang melindungi dari bau ketiak. Seperti hop, kaolin clay, eukaliptus, dan fermentasi saccharomyces.
  • Pilih deodoran bebas aluminium sebab aluminium mengganggu proses pendinginan alami tubuh
  • Hindari bahan kimia atau racun sintetis seperti¬† paraben, ftalat, sulfat, petrokimia
  • Cari bahan aktif yang bermanfaat, seperti shea butter dan lidah buaya
  • Waspadai deodoran yang meninggalkan noda di baju
  • Usahakan deodoran bebas soda kue jika kamu memiliki kulit sensitif

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

 26 total views,  2 views today