Ide Usaha Beragam Olahan Nasi Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha olahan nasi pada dasarnya sangat beragam. Mengingat bahwa nasi merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia. Maka dari itu pengolahan nasi di Indonesia bisa dikatakan sangat bervariasi. Ada beragam olahan dengan berbagai rasa dan berbagai warna. Pencinta olahan nasi sudah tentu akan suka dengan beragam menu olahan yang menggunakan bahan pokok nasi.

Ide Usaha Olahan Nasi Untuk Ibu Rumah Tangga
rasa.my

Peluang Usaha

Belum makan kalau belum makan nasi, itulah yang banyak dirasakan oleh banyak orang di Indonesia. Sebab kandungan karbohidrat dalam nasi memang bisa mengenyangkan dan menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Tapi supaya nasi tidak hanya dimakan dalam sajian yang itu-itu saja maka banyak juga orang yang pada akhirnya memilih hidangan lain yang tetap menggunakan bahan utama nasi. Nah hal ini ternyata bisa jadi peluang memulai usaha olahan nasi loh Bund.

Berikut ini beberapa menu makanan dengan bahan utama nasi yang banyak dijumpai di Indonesia yang bisa Bunda jadikan ide usaha olahan nasi. Bisnis UKM juga mengulas mengenai resep dan cara membuat beberapa hidangan untuk ide usaha olahan nasi yang akan Bunda jalankan nanti. Hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah kemasan makanan yang Bunda pilih. Supaya makanan olahan nasi yang Bunda jugal semakin menarik. Simak ulasan ide usaha olahan nasi berikut ini ya Bund!

Ide Usaha

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng
denpasarkota.go.id

Hidangan nasi goreng sangat akrab bagi orang Indonesia. Nasi goreng adalah nasi yang dioseng dengan campuran utama kecap dan aneka bumbu seperti bawang goreng dan bawang putih. Saking populernya nasi goreng di Indonesia, Kementerian Pariwisata menetapkan nasi goreng sebagai salah satu dari lima makanan nasional selain soto, rendang, sate, dan gado-gado. Nasi goreng sendiri sebenarnya ada banyak versi di setiap negara penyantap nasi. Ada nasi goreng xo dari Hongkong, nasi goreng kimci dari Korea, dan nasi goreng tom yum dari Thailand. Kalau di Indonesia variasi untuk sajian nasi goreng juga beragam. Mulai dari nasi goreng telur, ayam, babat, sampai seafood. Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan

– 1 piring nasi putih dingin

– 3 siung bawang putih (geprek kemudian cincang halus)

– Sosis secukupnya

– Telur ayam 1 butir

– Bakso sapi secukupnya

– Kecap manis 2 sendok makan

– Daun bawang secukupnya saja

– Minyak wijen 2 sendok makan

– Kaldu jamur 1 sendok makan

– Lada putih bubuk seperlunya

– Garam secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan wajan. Masukkan minyak goreng dan panaskan. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang. Setelah aromanya harum, masukkan telur ayam. Kemudian di orak-arik.

2. Masukkan potongan sosis dan bakso. Aduk-aduk sampai aromanya harum. Setelah itu campurkan nasi putih. Aduk sampai rata supaya bumbu bisa meresap.

3. Tambahkan minyak wijen, kecap manis, kaldu jamur, sedikit garam, dan lada. Aduk-aduk sampai rata dan meresap.

4. Cek rasa dan kematangan. Kalau rasa sudah sesuai, matikan kompor.

5. Sajikan nasi goreng di atas piring dengan tambahan lain. Bisa tomat, timun, telur ceplok, kerupuk, dan taburan bawang goreng.

2. Nasi Kuning

Nasi Kuning
foodizz.id

Di Indonesia bagian Tengah seperti Sulawasi, sajian nasi kuning sangat populer. Banyaknya orang Sulawesi yang merantau ke Papua juga membuat hidangan ini populer. Sesuai namanya nasi kuning berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Jika menyantap nasi kuning khas Sulawesi biasanya akan didampingi lauk pendamping seperti ikan masak kecap atau sambel, kering kentang balado, telur rebus, dan buncis. Berbeda dengan nasi kuning khas Sulawesi, nasi kuning khas Jawa lauk pauknya biasa selalu ada di pinggiran tumpeng. Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan

– 3 cup beras

– 10 cm kunyit yang diblender ambil airnya

– 3 lembar daun pandan

– 4 batang daun serai yang digeprek

– 2 lembar daun jeruk

– 1 ruas ibu jari lengkuas (digeprek)

– jahe 1 ruas yang diiris

– 5 lembar daun salam

– santan kelapa 200ml

– 5 siung bawang merah diiris

– 4 siung bawang putih diiris

– Garam

Toping

– Ayam goreng suwir

– Abon sapi

– Telur dadar suwir

– Kering tempe

– Kerupuk

Cara Membuat

1. Cuci bersih beras, tiriskan. Masukan ke dalam rice cooker.

2. Panaskan wajan, masukkan santan, dan semua bumbu. Tambahkan air sebanyak takaran normal untuk memasak nasi di rice cooker. Aduk sampai agak mendidih. Matikan api.

3. Tuang santan ke dalam beras di rice cooker. Kalau kurang airnya boleh ditambahkan air santan secukupnya. Aduk beras dan santan agar tercampur rata.

4. Tekan tombol “cook” dan tunggu sampai matang.

5. Tambahkan toping di atas nasi kuning.

6. Nasi kuning siap disajikan.

3. Nasi Uduk

yummy.co.id

Serahkan beras kepada orang Betawi niscaya akan berubah menjadi nasi uduk nan lezat. Nasi uduk merupakan hidangan khas Betawi. Bahan utama nasi diaron dengan santan, daun salam, aneka bumbu, dan rempah lainnya. Nasi uduk sebenarnya bisa disantap dengan lauk apapun. Tapi kembali lagi ke selera masing-masing. Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan

– 300 gram beras cuci bersih

– 450 ml santan kelapa kental

– 2 lembar daun salam

– Cengkeh 2 butir

– 2 batang serai

– Kayu manis 2 cm

– ½ sendok teh merica

– Garam

Toping

– Ayam suwir

– Bawang goreng

– Kerupuk

Cara Membuat 

1. Rebus santan dan masukkan daun salam, cengkeh, serai, kayu manis, merica, dan garam. Aduk hingga mendidih.

2. Campurkan santan dan beras. Kukus hingga matang.

3. Tambahkan toping di atas nasi uduk yang telah matang.

4. Nasi uduk siap disajikan.

4. Nasi Hainan

delishtube.com

Nasi hainan adalah olahan nasi orang Tionghoa yang berasal dari Hainan, China. Cara memasak nasi hainan adalah beras dimasak bersama jahe, daun pandan, kaldu ayam, dan lemak ayam. Nasi hainan bisa disajikan dengan ayam rebus dan kuah kaldu ayam. Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan

– 1 ekor ayam potong 5 bagian

– 3 batang daun bawang diiris

– 2 ruas jahe geprek

– 7 siung bawang putih geprek

– 2 sdt garam

– 2 liter air

Bahan Nasi

– 225 gram beras

– 25 gram beras ketan

– 2 sdm minyak goreng

– Minyak wijen 2 sdt

– 3 siung bawang putih cincang

– 1 sdt jahe halus

– 400 mili kaldu

– 1 sdt garam

– 2 lembar daun pandan potong

Bahan Saus

– 1 ½ sdt kecap asin

– Sambal rawit rebus

Cara Membuat

1. Rebus ayam bersama daun bawang, jahe, bawang putih, garam dan air, masak dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api masak selama 30 menit, angkat, tiriskan. Saring air kaldu.

2. Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan beras dan daun pandan

3. Aduk hingga tercampur rata, tambahkan kaldu, dan garam, masak hingga kaldu menyerap. Angkat. Kukus nasi hingga matang.

4. Campur semua bahan saus dalam mangkuk, masukkan ayam dan balurkan saus ke seluruh permukaan ayam.

5. Panggang ayam dalam oven suhu 180C selama 15 menit sambil diolesi sisa saus setiap 5 menit.

6. Sajikan Nasi Hainan dengan ayam, kaldu, dan pelengkap.

Itulah beberapa ide usaha olahan nasi yang bisa Bunda jadikan referensi untuk memulai sebuah bisnis di bidang kuliner. Ikuti terus artikel tentang bisnis ibu rumah tangga lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk memulai usaha ya!

 130 total views,  2 views today