Inilah 7 Kesalahan dalam Membuat Jus yang Perlu Kamu Hindari

Demi menjalani pola hidup sehat, jus buah kerap dijadikan pilihan menu makan yang sehat. Jus buah selain nikmat memang punya banyak nutrisi penting.

Namun, nutrisi ini akan hilang dan tidak akan ada pengaruhnya untuk kesehatan jika kamu tidak mengolahnya dengan baik. Seperti menambahkan pemanis atau membiarkan jus terlalu lama di kulkas.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa faktor pemicu hilangnya kandungan nutrisi pada jus buah.

1. Terlalu banyak gula

Meski sehat, bukan berarti kamu boleh minum jus buah sebanyak yang kamu mau. Sebab selain vitamin dan serat, jus buah juga mengandung gula dalam bentuk fruktosa. 

Ketika fruktosa terkunci di dalam sel-sel daging buah, itu tidak terlalu mempengaruhi tubuh. Namun, begitu kamu mengekstrak jusnya, kamu telah menghasilkan karbohidrat sederhana yang akan meningkatkan kadar  gula darah.

Terlalu banyak fruktosa dapat menyebabkan masalah seperti obesitas dan diabetes. Jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Karena alasan ini pula kamu disarankan untuk tidak menggunakan gula atau pemanis tambahan ke dalam jus buah kamu.

Saat membuat jus, jangan hanya menggunakan buah-buahan yang manis. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan sayur-sayuran.

Baca Juga : Terlalu Banyak Makan Buah, Bikin Sehat atau Justru Efeknya Berbahaya?

2. Tidak langsung mengonsumsi jus

Untuk mendapat manfaat maksimal dari jus buah, kamu harus langsung mengonsumsinya setelah dibuat. Kamu harus menghindari metode membuat banyak jus dalam sekali pembuatan lalu menyimpannya di kulkas untuk diminum kemudian.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, segera minum jus setelah dibuat. Jika kamu menyimpan jus bahkan selama 15 menit saja, udara dan cahaya menghancurkan nutrisi dan antioksidan dari jus buah.

Jika jus tidak segera diminum, simpan dalam wadah kedap udara dan harus diminum maksimal dalam waktu 24 jam.

3. Menggunakan terlalu banyak sayuran hijau tua

Sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan, namun menggunakannya terlalu banyak adalah hal yang berbahaya. Sayuran hijau tua memiliki rasa pahit dan kuat yang dapat mengubah rasa jus.

Selain itu, terlalu banyak sayuran hijau juga bisa menyebabkan muntah. Hindari menggunakan terlalu banyak sayuran hijau dalam jus, terutama jika kamu seorang pemula. 

Untuk hasil terbaik, jus sebaiknya hanya mengandung 25 persen sayuran hijau dan 75 persen sayuran lainnya untuk menghilangkan rasa yang kuat.

Baca Juga : Tidak Melulu Minum Obat, Makan Sederet Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

4. Menggunakan juicer konvensional

Kesalahan pembuatan jus lain yang perlu kamu hindari adalah menggunakan juicer atau blender konvensional. Juicer ini menghasilkan banyak panas yang menghancurkan nutrisi penting yang ada dalam buah dan sayuran.

Selain itu, juicer konvensional tidak mengekstrak jus sebanyak mesin slow juicer. Jadi, jika kamu masih menggunakan juicer konvensional, sekarang saatnya beralih ke slow juice maker.

5. Minum jus saat perut penuh

Meskipun kamu tidak boleh menukar porsi makan dengan segelas jus, kamu juga disarankan untuk menghindari makan pada saat yang bersamaan dengan minum jus.

Isi perut dari makanan yang kamu konsumsi bisa mengganggu proses penyerapan nutrisi dari jus buah. Untuk hasil terbaik, cobalah meminum secangkir jus dengan santai sebelum sarapan dan beri waktu sekitar setengah jam hingga satu jam untuk mencerna.

6. Menggunakan komposisi yang asal

Saat membuat jus buah, ada baiknya kamu juga memerhatikan komposisi buah-buahan yang kamu masukkan. Banyak dari buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan vitamin atau antioksidan yang sama persis.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jus buah, maka ada baiknya kamu pelajari dulu tiap jenis buah-buahan untuk mengetahui nutrisi yang terkandung di dalamnya.

7. Terlalu sedikit kalori

Meskipun diet penurunan berat badan kemungkinan merupakan salah satu alasan utama orang mengonsumsi jus buah, namun sangat penting untuk memastikan kamu tetap  memenuhi kebutuhan kalori harian.

Kurangnya asupan kalori bisa menyebabkan kamu kehilangan energi dan akan membuat kamu sangat lapar. Untuk menghindari masalah ini, minum jus buah lebih banyak di pagi hari. 

Sarapan adalah waktu yang penting dalam konsumsi jus buah. Minum 2 gelas penuh jus buah bergizi akan menyeimbangkan asupan nutrisi dan akan membantu memberikan dorongan yang kamu butuhkan.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

 196 total views,  2 views today