Jangan Jijik Dulu, Ini 8 Manfaat Kopi Luwak untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Jika dilihat dari segi proses pembuatannya, mungkin sebagian orang akan merasa jijik terhadap kopi luwak.

Namun nyatanya kopi luwak dinilai sebagai salah satu kopi terenak dan bahkan dijual dengan harga yang cukup fantastis.

Selain nikmat, ternyata kopi luwak juga punya manfaat untuk kesehatan lho. Jadi jangan jijik dulu ya, ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari kopi luwak.

Kandungan kopi luwak

Melansir Health Analytics Asia, pada 2013 para peneliti dari Universitas Osaka dan Institut Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia bekerja sama untuk mempelajari perbedaan biologis dan metabolisme antara kopi luwak dan jenis kopi lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan kopi luwak jauh melebihi jenis kopi lainnya. Para peneliti mengidentifikasi kopi luwak memiliki beberapa kandungan unggulan yang lebih tinggi ketimbang kopi lain, di antaranya:

  • Kandungan asam malat yang jauh lebih tinggi dari kopi biasa. Asam malat dikenal karena kemampuannya meningkatkan energi dengan cepat. 
  • Asam sitrat, kandungan ini mampu memerangi perkembangan batu ginjal, meningkatkan penyerapan zat besi, dll.
  • Inositol mampu mencegah depresi dan kecemasan, dll.

Manfaat kopi luwak untuk kesehatan

Nah berkat kandungan tersebut, maka tak heran kalau kopi luwak jadi salah satu komoditi unggulan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsi kopi luwak.

1. Menjaga kesehatan gigi

Selama ini kopi kerap jadi penyebab gigi jadi terlihat kuning. Nah berbeda dengan kopi luwak. Karena kopi luwak justru bermanfaat untuk melindungi gigi.

Kopi luwak dapat melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang. Ada anggapan umum bahwa orang yang minum terlalu banyak kopi memiliki gigi kekuningan, tetapi kopi luwak justru kebalikannya.

Mengkonsumsi kopi luwak juga dapat mencegah kemungkinan terkena kanker mulut.

2. Mencegah kanker

Melansir Coffee Museum, sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition menyebut bahwa kopi luwak juga dapat mencegah kanker payudara. 

Tiga cangkir kopi sehari ini dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara, terutama bagi wanita yang mendekati masa menopause.

Selain kanker payudara, kopi luwak juga bisa mencegah kamu terkena kanker kulit. Kanker kulit juga bisa dicegah dengan konsumsi 2 cangkir kopi luwak setiap hari. Ada unsur tertentu dalam kopi ini yang melindungi kulit dari sinar UV berbahaya akibat paparan matahari.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Kopi bagi Wanita, Apa Saja?

3. Manfaat kopi luwak untuk kesehatan pencernaan

Banyak orang yang takut mengonsumsi kopi karena masalah pencernaan. Dalam hal ini, kopi luwak sangat aman dan bisa membuat pencernaan tetap nyaman.

Manfaat ini terkait dengan adanya konsentrasi asam yang rendah pada kopi luwak. Berbeda dengan kopi biasa yang kerap punya kandungan asam tinggi.

Jadi bagi kamu yang memiliki masalah maag, kopi luwak adalah pilihan yang tepat saat ingin ngopi tapi takut asam lambung! Kamu juga bisa mulai mengonsumsi kopi luwak di pagi hari karena bisa mencegah masalah pencernaan.

4. Manfaat kopi luwak untuk penderita diabetes

Kopi luwak juga punya manfaat untuk mengontrol kadar gula darah pada para penderita diabetes. Sebab kopi luwak mengandung konsentrasi asam rendah yang efektif untuk bantu kelola diabetes tipe 2.

Selain itu, melansir dr. Health benefits, sebuah studi menunjukkan orang yang rutin meminum kopi luwak dapat menurunkan risiko diabetes hingga 50 persen. Manfaat yang luar biasa, bukan?

Baca Juga : Bagi Penderita Darah Tinggi, Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Minum Kopi

5. Membantu atasi sakit kepala

Sering alami sakit kepala atau migrain? Coba konsumsi kopi luwak deh. Kopi luwak dapat membantu orang-orang yang mengalami migrain dan sakit kepala lainnya.

Karena efek vasokonstriksi kafein, kopi luwak adalah pilihan ideal bagi mereka yang menderita migrain. Karena keasaman yang rendah, kopi luwak masih cocok untuk migrain yang disertai sakit perut, tidak seperti kopi pada umumnya. 

6. Sumber antioksidan

Kehadiran antioksidan dalam kopi luwak sangat bagus karena akan memberikan perlindungan bagi tubuh. 

Antioksidan berperan membantu mencegah keberadaan bakteri, virus, dan patogen jahat. Ini juga melawan peradangan yang menyebabkan berbagai kondisi kronis. Selain itu, antioksidan dalam kopi luwak berperan dalam mencegah efek radikal bebas penyebab stres oksidatif.

Kekurangan nutrisi antioksidan akan menyebabkan peradangan tertentu seperti aterosklerosis, beberapa jenis kanker, dan artritis.

Baca Juga : Sering Mengalami Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi? Yuk Ketahui Penyebabnya!

7. Cegah penyakit batu empedu

Ketika kristal kolesterol terperangkap di dalam kantong empedu, maka itu menyebabkan kondisi bernama batu empedu.

Mengonsumsi minuman kaya kafein dapat bantu mengatasi kondisi ini, karena kafein memiliki zat anti lengket, yang tidak akan memungkinkan kristal lendir mengendap di empedu.

Jadi, konsumsi 2-3 cangkir kopi luwak setiap hari akan membantu menjauhkan kamu dari masalah batu empedu.

8. Manfaat kopi luwak pada mood

Minum kopi luwak memiliki manfaat psikologis yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi kamu melebihi dorongan kafein standar. 

Selain karena dorongan kafein, mood yang baik saat minum kopi luwak juga bisa didorong karena aspek feel of achievement tersendiri.

Bagaimana tidak bahagia saat kamu bisa menyeruput kopi ternikmat dan termahal di dunia? Pada beberapa individu, efek positif ini bisa bertahan berminggu-minggu.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat kopi luwak untuk kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

 236 total views,  2 views today