Jangan Takut, Begini Prosedur Tambal Gigi Berlubang

Tambal gigi adalah prosedur umum yang dilakukan untuk memperbaiki gigi berlubang. Ini dilakukan untuk mengembalikan bentuk gigi, sehingga dapat berfungsi dengan semestinya.

Untuk melakukan tambal gigi berlubang kamu harus menjalani beberapa prosedur. Tak hanya itu, tambal gigi juga memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan bahan tambalan.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Berlubang yang Aman untuk Dewasa dan Anak-Anak

Prosedur tambal gigi berlubang

Tambal gigi berlubang dilakukan di dokter gigi. Ketika kamu sudah memutuskan untuk melakukan hal ini, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap rongga mulut serta kerusakan pada gigi.

Jika dokter sudah menyetujui tambal gigi, kamu akan melewati beberapa prosedur, di antaranya adalah:

1. Anestesi lokal

Dokter gigi akan menggunakan anestesi lokal untuk membuat area di sekitar gigi yang akan ditambal agar mati rasa.

2. Membersihkan kotoran gigi

Selanjutnya, dokter akan membersihkan kotoran atau area yang membusuk pada gigi dengan menggunakan bor khusus.

Perlu diketahui bahwa pemilihan instrumen bor tergantung pada tingkat kerusakan dan lokasi, keahlian dokter gigi, serta fasilitas yang tersedia.

3. Menyiapkan ruang untuk tambalan

Ketika semua kotoran telah berhasil dihilangkan, dokter akan menyiapkan ruang untuk tambalan dengan membersihkan kembali lubang dari bakteri dan kotoran.

4. Memasang bahan tambalan

Sebelum mengisi bahan tambalan, dokter akan menggunakan gel asam terlebih dahulu. Ini diperlukan untuk menciptakan ikatan yang kuat antara gigi dan bahan tambalan gigi. Setelah gel mengeras, dokter akan memasukan bahan tambalan.

Jika pembusukan sudah dekat dengan akar, dokter akan melindungi saraf terlebih dahulu dengan memasang lapisan yang terbuat dari glass ionomer, resin komposit, atau bahan lainnya.

5. Pemeriksaan gigitan gigi

Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan gigitan gigi, ini diperlukan untuk memastikanmu agar tidak memiliki masalah dengan gigitan di masa mendatang. Jika kamu memiliki masalah dengan gigitan atau terasa mengganjal, dokter akan mengurangi material berlebih.

6. Finishing

Setelah proses penambalan selesai, langkah terakhir yang dilakukan adalah dokter gigi akan memoles gigi yang telah ditambal.

Jenis-jenis bahan untuk tambal gigi berlubang

Tambal gigi berlubang memiliki beberapa jenis, tergantung dari bahan yang digunakan. Perlu diketahui bahwa masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasan selengkapnya.

Amalgam

Amalgam adalah bahan yang terbuat dari campuran 50 persen perak, timah, seng, tembaga, serta merkuri. Bahan ini sangat ideal jika digunakan untung mengisi lubang di belakang bagian mulut, seperti gigi geraham.

Amalgam merupakan jenis tambalan gigi yang tahan lama, ini bisa bertahan setidaknya 10 hingga 15 tahun. Meskipun demikian bahan amalgam juga memiliki kekurangan, yakni memiliki warna yang tidak sama dengan gigi, sehingga terlihat mencolok.

Tak hanya itu, merkuri yang terkandung dalam almalgam dapat melepaskan merkuri dalam bentuk uap yang dapat dihirup dan diserap oleh paru-paru.

Komposit

Komposit terbuat dari resin dan plastik, ini merupakan bahan tambal gigi berlubang yang populer karena memiliki warna yang cocok dengan warna gigi.

Dapat digunakan untuk perbaikan gigi bagian depan maupun belakang. Bahan ini setidaknya dapat bertahan selama 5 tahun

Tambal gigi berlubang dengan bahan keramik (porselen)

Bahan tambalan ini terbuat dari porselen yang tahan lama. Kelebihan bahan ini yakni memiliki warna yang sama dengan gigi.

Bahan tambal gigi berlubang ini juga lebih tahan terhadap noda dan abrasi jika dibandingkan dengan bahan komposit. Akan tetapi, bahan keramik lebih mudah rapuh dibandingkan bahan komposit

Glass ionomer cement

Glass ionomer terbuat dari akrilik dan jenis bahan kaca tertentu. Bahan tambal gigi berlubang ini seringkali digunakan untuk tambalan di bawah garis gusi pada anak-anak. Glass ionomer melepaskan fluoride yang mana ini dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan yang lebih lanjut.

Kekurangan dari bahan ini yakni, lebih rentan terhadap keausan atau bahkan mudah patah.

Tambal gigi berlubang dengan bahan emas kuning

Bahan tambalan ini dapat bertahan selama 10 hingga 15 tahun, atau bahkan lebih lama. Namun, emas kuning memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainnya, harganya bisa 10 kali lipat dari bahan amalgam.

Baca juga: Hati-Hati, Benarkah Boleh Menambal Gigi Berlubang Sendiri?

Berapa kisaran biaya tambal gigi berlubang?

Masing-masing rumah sakit, klinik, atau puskesmas memiliki biaya tambal gigi yang berbeda, namun biasanya biayanya berkisar antara Rp150.000 – Rp300.000 untuk satu gigi. Selain itu, biaya tambal gigi juga sangat bergantung dari beberapa faktor, seperti:

  • Bahan tambalan
  • Tingkat keparahan lubang pada gigi
  • Apakah diperlukan atau tidaknya pemeriksaan penunjang, misalnya saja seperti rontgen
  • Rumah sakit, klinik, atau puskesmas yang kamu datangi.

Jika kamu pengguna BPJS, biaya tambal gigi bisa gratis. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu bertanya langsung mengenai biaya tambal gigi berlubang ke lokasi fasilitas kesehatan yang ingin kamu datangi ya.

Punya pertanyaan lain seputar masalah ini? Silakan chat kami melalui Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami siap membantumu dengan layanan 24/7.

 198 total views,  2 views today