Kenalkan Ikon Khas Pontianak Lewat Usaha Kerajinan Gantungan Kunci

Daftar Isi

Kenalkan Ikon Khas Pontianak Lewat Usaha Kerajinan Gantungan Kunci!

Gantungan kunci khas Pontianak

Berawal dari usaha jasa pengiriman barang yang dirintis pada tahun 2007 silam, Wahyu mendirikan CV Cipta Dian Abhari sebagai perusahaan ekspedisi dari 2008-2013. Sayangnya, saat itu perusahaan terpaksa ditutup karena sering dikomplain pelanggan gara – gara keterlambatan pengiriman barang. Akhirnya Wahyu memutuskan menghentikan usahanya saat itu dan kembali mencoba peruntungan baru dengan merintis usaha kerajinan gantungan kunci. 

Tak merasa kapok dengan kegagalan usaha sebelumnya, di tahun 2015 Wahyu mulai membuat gantungan kunci di bawah bendera CV Cipta Dian Abhari. “Saya memilih membuat souvenir gantungan kunci dari karet sintetis (bukan dari mika atau kayu) karena  menurut saya karet lebih bagus dari segi pewarnaan, bahannya ringan dan tahan lama,” ujar Wahyu. 

Baca Juga Artikel Ini :

Gantungan Kunci Boneka Unik

Rintis Rumah Kreatif, Kurniawan Wujudkan Imajinasi Pelanggan

Usaha Kerajinan Gantungan Kunci

Suplai Produk

Kala itu, Wahyu menyuplai produknya  ke toko souvenir,  yang  mana rata – rata setiap toko Ia setori sekitar 700 buah, selama 3 bulan sekali. “Pihak toko langsung membayar tunai. Produksi per hari maksimal 300 buah untuk satu model gantungan kunci,” tuturnya.

Tema Khas Pontianak

Gantungan kunci buatannya mengangkat tema ikon khas Pontianak seperti Tugu Khatulistiwa, Masjid Jami Sultan Abdurrahaman dan Keraton Kadriyah Pontianak, semuanya terbuat dari bahan karet sintetis. “Harga jual bahan untuk karet bening Rp 10.000 (untuk kemasan). Gantungan kunci ukuran sedang mulai dari  Rp 5.000 dan ukuran kecil dijual seharga Rp 3.000,” jelas Wahyu.

Omzet Per Bulan

Omzet per bulan yang mampu ia raup sekitar Rp 10 Juta per bulan. Perusahaan yang ada di sekitar Pontianak juga dapat memesan gantungan kunci secara  customize dengan minimal pemesanan 500 buah. “Untuk harga costumizenya bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan pewarnaan,” Wahyu menjelaskan. 

Kendala yang dihadapi

Wahyu pengrajin gantungan kunci

Wahyu mengaku sampai hari ini masih ingin fokus membesarkan usaha kerajinan gantungan kunci, belum ingin menambah lini bisnis lain. Wahyu menyebutkan, Proses produksi masih dilakukan secara manual. Dalam 4 menit, karyawannya mampu membuat 1 – 2 buah gantungan kunci. Wahyu belum berani memproduksi dalam jumlah banyak karena takut tidak mampu memenuhi target.

Produksi

“Kalau pakai mesin sekali produksi bisa menghasilkan belasan buah,” ujarnya. Saat ini,  percetakan masih belum bisa diproduksi sediri karena masih diserahkan ke pihak ketiga di luar Kalbar. Karena mesin cetak master belum terdapat di Pontianak.

Untuk ke depannya, ia bercita – cita dan berkeinginan mencari karyawan yang punya keahlian dan ketelitian tinggi serta berjiwa seni untuk membuat gantungan kunci. Wahyu ingin mendatangkan salah satu pekerjanya dari Jawa untuk melatih calon tenaga kerja di Pontianak.

Permintaan Pasar

“Banyak konsumen yang minta gantungan kunci model Perisau, Mandau dan Rumah , tapi saya belum mampu memenuhi karena belum ada masternya.  Harga master  Rp 350.000 dan belum ada di Pontianak,” tambahnya. Selain itu, kendala lain yang dihadapi Wahyu yaitu minimnya SDM untuk direkrut sebagai karyawan. calon karyawan menuntut gaji tinggi tapi kemampuan masih belum memadai.

“Mereka mau nyari uang banyak secara gampang tapi kualitas kerja belum berimbang,” ujar Wahyu.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Melebarkan Sayap

Menghadapi Era Pasar Bebas MEA, Wahyu melihat produk buatan Kalbar tidak kalah dengan pihak luar, cuma kemasan produk UMKM Kalbar saja yang kurang menjual. Ke depan, ia berniat  menjual souvenir gantungan kunci buatannya ke tempat tujuan wisata di Kalbar seperti Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan di Kabupaten Bengkayang.

Cukup sekian inspirasi usaha dari pengusaha kerajianan gantungan kunci khas Pontianak ini. Semoga dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi para pembaca sekalian. Anda terinspirasi dan tertarik juga untuk menekuni usaha yang satu ini? Boleh banget, yuk bisa dimulai dari sekarang, mulai dari yang mudah dan mulai dari yang kecil. Persiapkan hal – hal yang diperlukan dengan sebaik – baiknya. Pelajari startegi dan tips trik memulai usaha, buat rencana dan tujuan usaha, dan lain sebagainya.

Pelajari pula beberapa cara berbisnis yang benar, Anda bisa mempelajari juga dari kisah inspiratif dari pengusaha – pengusaha sukses yang telah di liput. Berbagai informasi bisnis bisa Anda dapatkan hanya di website bisnisukm.com. Berbagai peluang usaha, pemasaran, inspirasi usaha, bisnis online, video bisnis bisa Anda jadikan pelajaran dari pengalaman – pengalaman yang mereka bagikan.

Jangan sampa terlewatkan pula untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi mengenai bisnis bisa Anda akses juga di website bisniskuliner.id. Disana Anda juga bisa menemukan berbagai informasi bisnis yang dibagikan oleh sedikitnya 50 lebih pengusaha sukses cafe, rumah makan dan restaurant. Kini video liputan bisnis yang bisa Anda jadilkan bahan inspirasi sedikitnya ada 242 video liputan, yakni memulai usaha, modal usaha, lokasi usaha, resep, produksi, pemasaran, keuangan, manajemen SDM dan pengembangan usaha.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat dan good luck ya 🙂

Tim Liputan BisnisUKM 

(/Vivi)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Kalimantan Barat

45 total views, 6 views today