Mengapa Rokok Bisa Membuat Bibir Menghitam?


Merokok bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat besar bagi tubuh. Hanya saja, jika dicermati, rokok juga bisa membuat bibir terlihat lebih gelap atau menghitam. Sebenarnya, bagaimana bisa rokok menyebabkan dampak ini?

bibir-hitam-doktersehat

Penyebab Rokok Bisa Membuat Bibir Menghitam

Pakar kesehatan menyebut kandungan nikotin di dalam rokok menjadi biang keladi bibir menghitam. Nikotin ini mampu mempengaruhi pigmen dan nikotin pada bibir sehingga membuatnya memiliki warna lebih gelap atau kehitaman.

Kandungan lain yang bisa menyebabkan dampak buruk bagi warna dan kondisi bibir adalah benzyprene. Kandungan ini juga bisa membuat bibir menjadi lebih kering dan kusam. Selain itu, aroma mulut dari para perokok juga menjadi kurang sedap akibat hal ini.

Berbagai Hal Lain yang Bisa Membuat Bibir Menghitam

Selain kebiasaan merokok, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang bisa membuat bibir menjadi lebih hitam.

Berikut adalah berbagai penyebab tersebut.

  1. Disebabkan oleh Masalah Bibir Kering

Tanpa disadari, masalah bibir kering bisa menyebabkan bibir menghitam, lho. Apalagi jika kita kurang minum atau tidak memakai pelembap bibir. Jika kita tak kunjung mengatasinya, bibir akan mudah pecah-pecah dan akhirnya mengalami gangguan pigmen. Dampaknya bisa membuat bibir menjadi lebih kusam atau gelap.

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Ternyata, mereka yang suka mengonsumsi minuman beralkohol juga rentan mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, lho. Hal ini disebabkan oleh sifat asam di dalam alkohol dan kemampuannya dalam memicu dehidrasi pada tubuh. Masalahnya adalah dehidrasi juga bisa membuat bibir menjadi lebih kering. Padahal, bibir kering bisa membuat bibir pecah-pecah dan warnanya menjadi lebih kusam.

  1. Sedang Mengalami Anemia

Anemia tak hanya membuat kita menjadi lebih mudah lemas atau kurang berenergi. Jika tak kunjung ditangani, hal ini juga bisa memicu masalah bibir kering, lho. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar hemoglobin di dalam darah. Padahal, hemoglobin sangat penting untuk distribusi oksigen dan berbagai macam nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Jika kita kekurangan hemoglobin, maka kulit juga tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga akan menyebabkan perubahan warna, tepatnya menjadi lebih gelap atau menghitam.

  1. Hobi Mengonsumsi Minuman Berkafein

Ternyata, sering mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi juga bisa membuat bibir menjadi lebih gelap lho. Hal ini disebabkan oleh sifat diuretik kafein yang bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, dehidrasi bisa berimbas pada bibir pecah-pecah, kurang segar, kusam, dan menghitam. Dampak dari hal ini bahkan bisa jauh lebih parah jika kita sering mengonsumsi kafein dan terbiasa merokok.

  1. Salah Menggunakan Kosmetik

Beberapa jenis kosmetik seperti lipstick ternyata juga bisa menyebabkan efek samping berupa warna bibir menjadi lebh gelap, lho. Biasanya, lipstick ini sudah terlalu lama atau sudah melewati tanggal kadaluarsa. Hal ini membuat bibir terpapar bahan kimia yang sudah tidak berkualitas dan akhirnya membuat warna bibir menjadi lebih kusam dan menghitam.

  1. Mengalami Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi yang membuat kadar melanin di dalam tubuh berlebihan. Hal ini bisa mempengaruhi warna bibir atau kulit pada bagian tubuh lainnya. Sebagai contoh, jika kita sering terpapar sinar matahari saat sedang panas atau sangat terik, maka akan menyebabkan hiperpigmentasi dan membuat warna bibir menjadi lebih gelap.

  1. Mengalami Keracunan

Keracunan beberapa jenis logam seperti merkuri atau tembaga bisa membuat warna bibir menghitam. Masalahnya adalah hal ini juga bisa menyebabkan dampak yang lebih fatal atau bahkan kematian.

 

Sumber

  1. Sordar, Tithi. 2020. What Causes Dark Lips and How to Lighten Them. https://darklipstips.com/what-causes-dark-lips.html. (Diakses pada 6 Februari 2020).



 486 total views,  2 views today