Menu Makanan Pre-Order Jadi Peluang Usaha Mahasiswa

Menu makanan pre-order kini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Sebab risiko untuk membuang bahan makanan yang dijual akan lebih minim. Menjual menu makanan pre-order sangat cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa. Karena bisnis menu makanan pre-order akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Menu Makanan Pre-Order Jadi Peluang Usaha Mahasiswa
pinterest.com

Usaha Menu Makanan Pre-Order

Untuk proses produksi bisnis menu makanan pre-order juga lebih mudah. Sudah dapat mengetahui berapa banyak pesanan dari konsumen kemudian tingggal menyesuaikan penyiapan bahan dan waktu memasaknya. Buat kamu mahasiswa yang ingin menjalankan usaha menu makanan pre-order ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mulai dari menentukan menu makanan yang ditawarkan, harga jual produk sesuai dengan segmen pasar, sistem pemesanan, pengemasan makanan, dan pengiriman makanan. Berikut ini beberapa ide makanan yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjual menu makanan pre-order. Pastikan alat dan bahan yang kamu miliki juga sesuai dengan jenis menu makanannya ya. Simak ide menu makanan pre-order yang bisa kamu jual berikut ini!

Ide Menu Makanan Pre-Order

1. Menu Pre-Order Makan Siang

Menu Pre-Order Makan Siang
dapurrumahku.com

Sudah tentu menjual menu makan siang dengan sistem pre-order akan sangat tepat. Tapi sebelumnya kamu harus menentukan dulu menu makan siang apa saja yang kamu jual. Untuk menjalankan usaha menu makan siang pre-order akan sangat tepat ketika kamu menawarkannya dengan sistem langganan. Tawarkanlah paket menu makan siang mingguan yang akan lebih memudahkan kamu dalam menjalankan usaha ini.

Dengan menawarkan dengan sistem pre-order menu paket tersebut kamu juga akan lebih mendapatkan keuntungan. Misalnya kamu open pre-order di hari Jumat dan maksimal pemesanan di hari Minggu. Kemudian sudah ada 10 konsumen yang mau membeli paket menu makan siang mingguan. Jadi setidakya dalam satu minggu kamu akan menjual 70 produk.

Hal yang juga harus kamu perhatikan adalah menu makan siang dalam tujuh hari ke depan. Sejak awal kamu open pre-order tentunya kamu sudah memberikan detail menu makan siang apa saja yang akan konsumen dapatkan selama tujuh hari nanti. Jadi, untuk memikat konsumen di awal kamu harus benar-benar pikirkan sajian menu makan siang apa saja yang bisa memikat calon konsumen. Misalnya keunggulan menu makan siang kamu adalah menu makan sehat. Atau bisa juga dengan menambahkan menu dampingan seperti dessert atau aneka minuman segar sebagai pelengkap menu makan siang yang kamu jual.

Untuk ide menu makan siang pre-order yang kamu jual bisa beragam. Seperti salad ayam, sanwich daging, nasi keju tuna, tumis tahu ayam, tumis tempe jamur, bole nasi sayur, dan lainnya. Untuk pendamping menu makan siang kamu bisa sertakan jus buah, puding, atau bisa juga buah-buahan segar. Pastikan kemasan makanan yang kamu gunakan untuk menu makan siang yang kamu jual juga sesuai ya. Kamu bisa menggunakan luch box food grade atau paper bowl.

2. Menu Pre-Order Dessert Box

Menu Pre-Order Dessert Box
zomato.com

Usaha dessert box saat ini makin naik daun. Sudah banyak ragam usaha dessert box yang berhasil dan bisa mendapatkan omzet menjanjikan meski usianya tergolong masih muda. Cita rasa yang khas dengan kelembutan dan rasa manis yang pas membuat dessert box mendapatkan hati banyak orang.

Dessert yang biasa dihidangkan sebagai makanan penutup pada dasarya punya jenis yang beragam. Kombinasi rasa manis dan tampilan cantiknya membuat orang enggan untuk menolak sajian dessert. Tapi sebelum memulai usaha dessert box ada baiknya kamu juga mengenal ragam jenis dessert ya.

Berdasarkan suhu ketika proses penyajiannya dessert dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah hot dessert yaitu kudapan penutup yang disajikan panas dengan suhu antara 40-50 derajat celcius. Contoh dessert yang masuk dalam kategori ini adalah souffle, crepes, dan hot pudding. Dan yang kedua adalah cold dessert yaitu jenis hidangan penutup yang disajikan dalam suhu ruang dingin. Contoh cold dessert adalah custard dan jellies.

Dessert box saat ini makin laku keras terutama pada penjualan yang dilakukan secara online. Dengan mengandalkan jasa anar jemput makanan di aplikasi online, media sosial, dan juga reseller yang tersebar di berbagai wilayah. Teksturnya yang lembut dan creamy tentunya akan menggugah selera banyak orang. Maka dari itu memulai usaha dessert box dengan sistem pre-order adalah satu satu cara yang bisa dicoba.

3. Aneka Kue Kering

resepkoki.id

Cookies atau biasa kita kenal sebagai kue kering adalah salah satu hidangan wajib yang tersaji pada saat perayaan hari raya atau acara tertentu. Mulai dari acara keluarg,a Hari Raya Idul Fitri, Hajatan Arisan, Natal, dan acara kumpul lainnya. Nggak cuma itu aja, sekarang kue kering juga dijadikan hampers atau bingkisan spesial yang diberikan ke pada orang lain sebagai bentuk kasih sayang, terima kasih, tanda hormat, atau sebagai media untuk menyambung silaturahmi.

Dari hal itu banyak orang yang bisa memanfaatkan momen dan bisa mengambil peluang dengan memulai bisnis kue kering. Udah pasti banyak faktor yang bikin para pelaku bisnis kue kering ini menjalankan usaha rumahan tersebut. Sekarang banyak orang yang sibuk dalam pekerjaan jadi nggak sempet bikin kreasi kue kering sendiri jadi lebih memilih beli dari pelaku usaha rumahan kue kering daripada repot-repot bikin sendiri.

Buat kamu yang punya keahlian bikin berbagai kreasi kue kering, lebih baik manfaatkan keahlian kamu itu dengan memulai bisnis kue kering dengan sistem pre-order. Udah pasti kamu bakal dapet keuntungan yang menjanjikan bahkan omzet yang berkali-kali lipat dari modal awal. Jadi kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual aneka kue kering dengan sistem pre-order.

4. Menu Sushi

nitrocdn.com

Sajian sushi memang khas dari Jepang. Tapi hidangan sushi juga menajdi salah satu makanan favorit orang Indonesia terutama anak muda. Makanan yang porsinya tidak terlalu besar ini cocok menjadi hidangan selingan yang menyenyangkan di sore hari. Apa lagi buat mereka yang tidak ingin teralu makan berat menjelang malam hari. Sajian sushi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan menawarkan menu sushi dengan sistem pre-order. Tawarkan sajian sushi yang beragam. Mulai dari isiannya serta harganya. Tawarkan juga menu-menu paket dengan dampingan menu lain seperti minuman segar dengan berbagai varian rasa.

Kreasikan sajian sushi semenarik mungkin. Kamu bisa menyediakan isian sushi yang dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama jenis non vegan dan yang kedua jenis vegan. Supaya kamu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Itulah beberapa ide menu makanan pre-order yang bisa kamu jual untuk memulai sebuah usaha. Pastikan kewajiban kamu sebagai mahasiswa tetap yang utama ya. Aturlah waktu dengan sebaik mungkin supaya antara kuliah dan usaha bisa berjalan dengan baik. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya. Simak terus artikel tentang usaha mahasiswa lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk mulai berbisnis.

 136 total views,  2 views today