MUI Bogor Belum Terima Laporan Terkait Masjid Gelar Salat Jumat 2 Gelombang

Bogor

Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran (SE) tentang pelaksanaan salat Jumat 2 gelombang. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Mukri Aji menyebut, belum ada masjid-masjid di Kabupaten Bogor yang melakukan salat Jumat 2 gelombang.

“Tidak ada, belum. Tapi sampai saat ini belum ada laporan (pelaksanaan salat Jumat 2 gelombang) dari berbagai beribu masjid kita ini. Masjid besar juga belum ada yang mau salat Jumat 2 gelombang,” kata Mukri Aji, ketika dihubungi, Jumat (19/6/2020).

Mukri Aji mengatakan MUI Kabupaten Bogor menganjurkan untuk melaksanakan salat Jumat 1 gelombang. Dia pun mengaku tidak ingin memperdebatkan masalah salat Jumat 2 gelombang ini. Semua umat, lanjutnya, harus bersatu di tengah pandemi COVID-19 ini.

“Ya hemat kita setelah diskusi dengan kyai-kyai kita di Kabupaten Bogor, diupayakan (salat Jumat) sekali, gitu kan. Karena masjid itu 1 masalahnya,” ujarnya.

Bila ditemukan ada masjid yang melakukan salat Jumat 2 gelombang, Mukri Aji memperkirakan hal itu dikarenakan kebutuhan. Dia mengaku tak akan mempermasalahkan itu.

“Tetapi ketika ada massa yang kesulitan jadi 2 gelombang karena masjidnya kecil misalnya, jemaah sudah banyak, gitu kan, sejauh dengan protokol kesehatan, hemat saya ketika khatibnya ada, imamnya ada, ya mau gimana lagi karena kebutuhan,” ucapnya.

 68 total views,  4 views today