Perlukah Bayi dan Anak Memakai Masker? Ini Kata WHO

Selama masa pandemi penggunaan masker sangat direkomendasikan untuk selalu dikenakan selama beraktivitas di luar ruangan.

Lalu, bagaimana dengan bayi dan anak kecil? Mereka adalah golongan yang rentan terhadap infeksi virus, namun apakah penggunaan masker untuk bayi dan anak-anak aman?

Penggunaan masker pada bayi dan anak-anak punya prosedur tersendiri. Jika kamu adalah orang tua, simak pembahasan mengenai penggunaan masker untuk bayi dan anak berikut ini.

Anjuran WHO terkait penggunaan masker pada bayi dan anak-anak

WHO menyarankan agar orang-orang selalu mematuhi otoritas lokal tentang praktik protokol kesehatan yang direkomendasikan di wilayah mereka.

Kelompok ahli internasional dan multidisiplin yang dikumpulkan oleh WHO meninjau bukti tentang penyakit COVID-19 dan penularannya pada anak-anak dan terbatasnya bukti yang tersedia tentang penggunaan masker oleh anak-anak.

Berdasarkan hal ini dan faktor-faktor lain seperti kebutuhan psikososial anak-anak dan tonggak perkembangan, WHO dan UNICEF menyarankan anak-anak berusia 5 tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker.

Hal ini didasarkan pada keselamatan dan minat keseluruhan anak dan kapasitas untuk menggunakan masker dengan benar dengan bantuan minimal. Sementara penggunaan masker untuk anak usia 6-11 tahun harus didasarkan pada faktor-faktor berikut:

  • Apakah terjadi penularan yang meluas di daerah tempat tinggal anak 
  • Kemampuan anak untuk menggunakan masker dengan aman dan tepat
  • Akses ke masker, serta pencucian dan penggantian masker di pengaturan tertentu (seperti sekolah dan layanan penitipan anak)
  • Pengawasan dan instruksi orang dewasa yang memadai kepada anak tentang cara memakai, melepas, dan memakai masker dengan aman
  • Dampak potensial dari pemakaian masker pada pembelajaran dan perkembangan psikososial, dengan berkonsultasi dengan guru, orang tua / pengasuh dan / atau penyedia medis
  • Pengaturan dan interaksi khusus yang dilakukan anak dengan orang lain yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit serius, seperti orang tua dan orang dengan kondisi kesehatan lain yang mendasari.

Kenapa bayi dan anak-anak tidak harus pakai masker?

Bayi dan anak-anak tidak disarankan menggunakan masker karena mereka belum mampu berkomunikasi dengan baik.

Jika mereka mengalami kesulitan bernapas saat memakai masker, mereka tidak dapat memberitahu orang di sekitarnya bahwa mereka mengalami kesulitan bernapas.

Terlebih lagi, sebagian besar bayi dan balita tidak suka mengenakan apapun (seperti topi dan ikat kepala) dan mungkin akan mencoba melepas masker jika dikenakan. 

Lalu bagaimana melindungi bayi di ruang terbuka?

Sebisa mungkin Moms harus menghindari mengajak anak bepergian ke ruang terbuka yang banyak orang.

Namun jika kondisinya tidak bisa dihindari, Moms bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Gendong bayi: Jika anak masih cukup kecil untuk muat dalam gendongan bayi, hadapkan dia ke arah Moms dan cobalah untuk tetap dekat dengan tubuh Moms.
  • Saat berada di mobil: Jika Moms merasa berat harus menggendong mereka terus, Moms  bisa menempatkan anak di car seat dengan kain penutup. Tapi pilih penutup kain yang tidak menghalangi udara ya, Moms.
  • Saat berada di stroller: Jangan lupa untuk menutupi stroller dengan kain penutup juga. Gunakan kain yang memungkinkan udara masuk dan anak bisa bernapas dengan baik.

Perlu diingat juga bahwa konsep memakai masker lebih untuk melindungi orang lain. Masker bisa memberi kita perlindungan, tapi sebenarnya itu lebih ditujukan untuk melindungi orang lain daripada kamu.

Apa yang harus dipakai anak yang lebih besar?

WHO dan UNICEF menganjurkan agar anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker dalam kondisi yang sama dengan orang dewasa.

Khususnya ketika mereka tidak dapat menjamin setidaknya jarak 1 meter dari orang lain dan ada penularan luas di daerah tersebut.

CDC merekomendasikan agar anak-anak yang lebih besar memakai masker wajah, khususnya masker yang memenuhi pedoman berikut:

  • Pas dengan ukuran wajah
  • Masker memiliki beberapa lapis kain
  • Memungkinkan anak untuk bernafas dengan nyaman
  • Bisa dicuci dan dikeringkan dengan mesin tanpa merusak atau mengubah bentuknya

Tapi, sekali lagi yang terbaik adalah menjaga anak-anak untuk tetap di rumah saja sebisa mungkin.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar masker untuk bayi dan anak? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

 208 total views,  2 views today