Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Begini Cara Mudah Membuat Susu Kurma!

Saat ini, susu kurma telah menjadi tren baru karena tak hanya memiliki rasa yang enak namun juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minuman kaya akan nutrisi ini bisa dikonsumsi semua kelompok umur, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Susu dan kurma merupakan kombinasi sempurna karena menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Nah, untuk mengetahui manfaat susu kurma lebih lanjut, yuk simak penjelasannya berikut!

Kandungan nutrisi kurma

Berbagai manfaat dan khasiat dari kurma pastinya tidak lepas dari apa kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut beberapa di antaranya:

  • Karbohidrat sederhana (fruktosa, sukrosa) lebih banyak daripada buah-buahan lainnya
  • Karbohidrat kompleks yaitu serat
  • Protein, termasuk 23 asam amino
  • Vitamin seperti A, C, E, dan hampir semua vitamin kelompok B
  • Mikro dan makronutrien, misalnya selenium, fosfor, fluor, kalsium, zinc, kalium, iron, belerang, kobalt, zat besi
  • Tanin yang menekan proses inflamasi di dalam tubuh

Susu tujuh kurma

Pernahkah kamu mendengar kisah soal tujuh kurma dan segelas susu? Bagi umat muslim, mungkin kisah ini sudah tidak terlalu asing.

Melansir Islam QA, hadis Al-Bukhari (5445) dan Muslim (2047) meriwayatkan dari Sa’d ibn Abi Waqqaas bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Barang siapa makan tujuh kurma ajwah di pagi hari, tidak akan terkena racun atau sihir apa pun hari itu.”

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa ini hanya berlaku untuk kurma Madinah, dan khusus untuk jenis kurma tertentu di Madinah, yaitu kurma ajwah. Beberapa ahli berpendapat bahwa kurma bersifat umum, dan semua jenis kurma berkhasiat melawan racun dan sihir. 

Namun di luar kisah Nabi Muhammad, kurma kini sudah banyak diteliti di dunia medis dan ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan khasiat susu kurma

Dilansir Nutrition Ride, kurma mengandung nutrisi seperti karbohidrat, gula, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin K, vitamin B6, natrium dan seng.

Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, karbohidrat, selenium, vitamin B6, vitamin A, kalsium, vitamin D, tembaga, dan seng.

Keduanya jika digabungkan dan dikonsumsi secara rutin mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang mungkin dimiliki susu kurma, antara lain sebagai berikut:

1. Manfaat susu kurma untuk kesehatan jantung

Kurma merupakan salah satu buah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kadar kolesterol, lemak, kalsium, dan zat lain yang tinggi dalam darah menyebabkan penumpukan plak di arteri atau disebut juga dengan aterosklerosis.

Oleh karena itu, mengonsumsi kurma yang dicampurkan dengan susu bisa mengurangi jumlah kolesterol dan menyelesaikan penyumbatan di arteri. Susu kurma juga mengandung potasium dimana efektif melawan penyakit jantung.

2. Bantu atasi sembelit

Kurma dengan susu yang digabungkan dapat memberi manfaat untuk melawan gangguan pencernaan atau sembelit. Ambil 5-6 kurma dan tambahkan ke dalam 500 ml susu, masak dan biarkan dingin.

Minumlah susu kurma dengan perut kosong pagi hari secara rutin. Serat dalam susu kurma akan membantu mencegah sembelit. Ini karena serat, air tetap berada di tinja sehingga membuatnya lebih lembut dan nyaman untuk melewati usus.

3. Memperkuat tulang

Susu dan kurma kaya akan kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium dimana bisa membuat tulang menjadi kuat. Bukan hanya tulang, nutrisi ini juga sangat penting untuk memperoleh gigi yang kuat. 

Kalsium dan magnesium bekerja sama untuk membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, tubuh secara alami menghilangkan kalsium setiap hari untuk digantikan dengan yang baru sehingga susu kurma bisa dimasukkan ke dalam menu harian.

Baca Juga : Ini Lho Sejuta Manfaat Kurma bagi Kesehatan Selama Puasa

4. Khasiat susu kurma untuk kesehatan kulit

Kurma dengan susu dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan bersinar. Hal ini dikarenakan susu kurma mengandung vitamin C dan vitamin D.

Vitamin C merupakan molekul penting untuk kulit karena sifat antioksidannya. Sementara itu, vitamin D sendiri dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan mencegah kondisi seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.

Kurma dan susu memiliki sifat antipenuaan sehingga dapat mencegah pertumbuhan melanin dan membuat kulit tubuh menjadi cerah secara alami.

5. Manfaat susu kurma untuk cegah kanker

Susu yang dicampur dengan kurma mengandung oksidan alami, di mana juga kaya nutrisi seperti magnesium, fosfor, dan kalsium.

Berbagai nutrisi ini membuat susu kurma memiliki khasiat yang sangat bagus untuk pencegahan terhadap kanker.

Baca Juga : 6 Manfaat Buah Zuriat: Tingkatkan Kesuburan dan Baik untuk Ibu Hamil

6. Atasi anemia

Ketika kamu kekurangan sel darah merah, jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen. Rutin mengonsumsi susu kurma dapat mengobati penyakit anemia. Kurma kaya zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

Jika kamu tidak mengonsumsi cukup zat besi, tubuh tidak dapat membuat sel darah merah pembawa oksigen yang sehat. Selain itu, vitamin C dalam buah kurma juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi.

7. Manfaat susu kurma untuk ibu hamil

Kurma memang dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya nutrisi dan punya banyak manfaat untuk ibu hamil.

Susu kurma memiliki manfaat untuk menyediakan zat-zat nutrisi yang penting bagi perkembangan bayi di dalam kandungan ibu hamil.

Selain itu, berikut beberapa manfaat susu kurma untuk ibu hamil lainnya:

  • Mengatasi toksikosis
  • Menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku
  • Meningkatkan kerja sistem vaskular dan komposisi darah, yang membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh dan menghilangkan edema
  • Mencegah perkembangan varises

Kurma yang dicampur dengan susu akan membantu memperkuat otot-otot rahim, yang mencegah penghentian kehamilan lebih awal dan memudahkan persalinan. 

Selain dalam bentuk susu, kurma yang dikonsumsi secara utuh juga punya banyak manfaat dan khasiat untuk ibu hamil. Moms, bisa baca artikel lengkapnya di sini.

Baca Juga : Jangan Dikonsumsi saat Ramadan Saja, Ini 10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Cara membuat susu kurma dengan mudah

Cara terbaik mengonsumsi susu kurma adalah dengan diolah menjadi milkshake. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana, cukup susu dan buah kurma.

Berikut beberapa langkah cara membuat susu kurma sederhana yang bisa kamu coba untuk di rumah:

  1. Pertama tambahkan kurma dalam blender berisi isi dan campur dengan kacang pilihan seperti almond atau mete.
  2. Haluskan berbagai bahan ini hingga halus dan tuang ke dalam gelas.

Susu kurma ini bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan dan tidak akan mengurangi manfaat yang terkandung di dalamnya. Mudah kan cara membuat susu kurma di atas?

Baca juga: Manfaat Tidur Siang, Hilangkan Stres hingga Tingkatkan Daya Ingat!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

 34 total views,  2 views today