Tak Kalah dari Daging, Ini 11 Makanan Lain yang Kaya Kandungan Protein

Daging memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun, sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi daging karena beberapa alasan, misalnya saja karena merupakan seorang vegan/vegetarian. Adakah sumber protein lain sebagai makanan pengganti daging?

Ya, meskipun daging memiliki kandungan protein yang tinggi, akan tetapi protein tidak hanya bisa diperoleh dari daging saja. Ada beberapa sumber makanan pengganti daging lainnya yang tinggi protein, lho! Apa saja?

Baca juga: Mudah Diolah dan Bergizi, Ini 5 Makanan Tinggi Protein yang Baik Bagi Kesehatan

Makanan pengganti daging yang kaya akan kandungan protein

Protein memiliki peranan yang penting bagi tubuh, termasuk memberikan energi. Melansir Healthline, Reference Daily Intake (RDI) dari protein adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan pengganti daging yang kaya akan kandungan protein:

1. Tahu

Tahu adalah sumber protein yang baik dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh yang baik.

Dalam satu cangkir tahu mengandung sebanyak 20 gram protein. Tak hanya itu, kalsium, zat besi, dan serat juga terkandung dalam tahu.

2. Tempe

Tempe adalah makanan pengganti daging berbahan dasar kedelai. Asupan ini mengandung kacang utuh, sehingga kemungkinan besar tempe memiliki kandungan serat dan protein yang lebih tinggi dibandingkan tahu.

Protein yang tekandung dalam satu cangkir tempe yakni sebanyak 33,7 gram. Tempe juga merupakan sumber vitamin B6 dan magnesium yang baik.

3. Telur

Makanan pengganti daging selanjutnya adalah telur. Telur merupakan sumber vitamin, mineral, serta lemak sehat. Telur utuh mengandung protein yang tinggi, tetapi putih telur hampir merupakan protein murni.

Satu telur besar memiliki kandungan protein sebanyak 6 gram dan 78 kalori.

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran sehat yang mengandung vitamin C, vitamin K, serat dan kalium. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi dari kanker. Brokoli memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan sayuran lainnya.

Dalam satu cangkir (96 gram) brokoli cincang memiliki kandungan protein sebanyak 3 gram.

5. Keju cottage

Keju cottage merupakan jenis keju rendah lemak dan kalori. Namun, keju cottage kaya akan kandungan kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2) dan berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh lainnya.

Satu cangkir (226 gram) keju cottage rendah lemak mengandung sebanyak 28 gram protein.

6. Quinoa

Quinoa sering dianggap sebagai superfood oleh banyak orang. Quinoa kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Protein yang terkandung dalam 185 gram atau setara dengan satu cangkir quinoa yakni sebanyak 8 gram.

7. Lentil

Lentil adalah sejenis kacang-kacangan. Lentil kaya akan kandungan serat, magnesium, kalium, zat besi, folat, tembaga, mangan, serta berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh lainnya. Perlu kamu ketahui, lentil adalah salah satu sumber protein nabati terbaik.

Kandungan protein dalam lentil per cangkir yang dimasak (240 ml) yakni sebesar 18 gram.

8. Kacang hijau

Kacang hijau kecil mengandung sebanyak 9 gram protein per cangkir yang dimasak atau setara dengan 240 ml.

Tak sampai di situ saja, kacang hijau juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, zinc, tembaga serta beberapa vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh.

9. Selai kacang, kacang, dan biji-bijian

Kacang-kacangan, biji-bijian dan produk turunannya merupakan sumber protein yang bagus. Dalam satu ons atau sekitar 28 gram kacang mengandung sebanyak 5-7 gram protein, bergantung dari varietas kacang dan bijinya.

Kacang dan biji-bijian juga merupakan sumber serat dan lemak yang sehat. Tak ketinggalan, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin E dan vitamin B tertentu juga terkandung di dalamnya.

10. Kacang almond

Memiliki rasa yang nikmat dan tekstur yang renyah menjadikan almond makanan pengganti daging lainnya yang juga kaya akan kandungan protein. Dalam 28 gram kacang almond mengandung sebanyak 6 gram protein dan 164 kalori.

Almond juga kaya akan kandungan nutrisi penting, temasuk serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Baca juga: Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Amankah untuk Ibu Hamil?

11. Susu

Susu juga memiliki kandungan protein tinggi yang tak kalah dari makanan pengganti daging yang sudah disebutkan di atas.

Dalam satu cangkir susu mengandung 8 gram protein dan 149 kalori. Susu memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi dan kaya akan kandungan kalsium, fosfor, serta riboflavin (vitamin B2).

Nah, itulah beberapa daftar makanan pengganti daging yang kaya akan kandungan protein, banyak sekali bukan?

Jika kamu ingin mengonsumsi sumber protein tanpa memakan daging, kunci yang terpenting adalah memilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan pastikan memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang cukup, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

 78 total views,  2 views today