Tinggi Serat dan Mineral, Ini 9 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Ada banyak jenis beras yang bisa kamu temui di pasaran. Salah satunya adalah beras merah yang umum dikonsumsi saat menjalani diet. Alasannya karena manfaat beras merah dinilai lebih sehat ketimbang beras putih.

Ya, manfaat beras merah selain bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat adalah lebih banyak mengandung serat daripada gula.

Jadi secara medis jenis beras ini dinilai lebih cocok dimakan oleh orang yang ingin memiliki pola hidup sehat. Lalu selain itu ada apa lagi ya, manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh?

Fakta umum soal beras merah

Beras merah memiliki rasa yang mirip kacang, warnanya ada yang merah terang, sampai merah gelap.

Kandungan beras merah, sekitar 95 persen terdiri dari mineral dan serat makanan yang sehat. Bagian dalamnya yang berwarna putih adalah tempat bersumbernya karbohidrat dan protein.

Kandungan beras merah

Melansir penjelsan healthline, meskipun nasi merah adalah makanan sederhana, justru profil nutrisinya mewah. Dibandingkan dengan nasi putih, beras merah memiliki lebih banyak manfaat dalam hal nutrisi.

Meski memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sama, nasi merah mengungguli nasi putih di hampir semua kategori lainnya. Satu cangkir beras merah mengandung :

  • Kalori: 216
  • Karbohidrat: 44 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 1,8 gram
  • Protein: 5 gram
  • Thiamin (B1): 12% dari RDI
  • Niacin (B3): 15% dari RDI
  • Pyridoxine (B6): 14% dari RDI
  • Asam pantotenat (B5): 6% dari RDI
  • Besi: 5% dari RDI
  • Magnesium: 21% dari RDI
  • Fosfor: 16% dari RDI
    Seng: 8% dari RDI
  • Tembaga: 10% dari RDIMangan: 88% dari RDI
  • Selenium: 27% dari RDI
  • Biji-bijian utuh, sumber folat, riboflavin (B2), kalium, dan kalsium yang baik.

Manfaat beras merah untuk kesehatan

Dilansir Health Benefits Times, ada begitu banyak manfaat beras merah bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Menangkal radikal bebas

Beras merah adalah sumber mangan yang berperan penting dalam pembentukan energi di dalam tubuh. Mangan juga merupakan bahan baku pembuatan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Membantu proses pemulihan luka

Tak hanya mangan, beras merah juga mengandung seng yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Oleh sebab itu, beras merah secara alami dapat membantu melindungi jaringan dan sel-sel tubuh yang terluka agar pulih lebih cepat.

Sumber alami vitamin B6

Rutin mengonsumsi beras merah dapat memenuhi 23 persen kebutuhan vitamin B6 harian. Ini merupakan jumlah yang dibutuhkan untuk membantu organ-organ di dalam tubuh berfungsi secara optimal.

Vitamin B6 yang ada di dalam beras merah juga bisa membantu menyeimbangkan pertumbuhan serotonin, yakni sel darah merah yang membantu tubuh memproduksi DNA.

Baca juga: Bantu Atasi Masalah Jantung hingga Kolestrol, InI Manfaat Bawang Merah

Menurunkan kadar kolesterol

Beras merah memiliki komponen aktif bernama monacolin K, yang sifatnya mirip dengan kandungan lovastatin pada obat penurun kolestrol. Jadi rutin memakan beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meski begitu, dilansir Health Benefits Times, the United States Food and Drug Administration telah menyebutkan bahwa beras merah bukan merupakan pengganti mutlak dari lovastatin itu sendiri, ya.

Mencegah terjadinya penyakit jantung

Kandungan low density lipoprotein (LDL) yang tinggi di dalam darah sangat berisiko membentuk plak pada dinding arteri. Kondisi ini lebih jauh dapat menyebabkan serangan jantung yang berbahaya bagi jiwa.

Untuk mencegah ini terjadi, kamu dapat mengonsumsi beras merah karena kulit arinya mengandung minyak alami yang bermanfaat mengurangi kadar LDL di dalam darah.

Mengendalikan kadar gula darah

Seperti yang kita tahu kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Keluhan kesehatan ini sendiri bisa membuat berbagai fungsi organ tubuh terganggu.

Misalnya fungsi penglihatan yang berkurang, menurunnya kinerja ginjal, sampai menyebabkan serangan jantung.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengonsumsi beras merah secara rutin, mengingat kadar gula yang rendah di dalamnya terbilang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Membantu mengatasi asma

Beras merah adalah sumber makanan yang sangat kaya akan magnesium. Mineral ini dapat membantu mengatur pola pernapasan agar berjalan dengan normal.

Konsumsi beras merah pun baik bagi pengidap asma. Namun akan jauh lebih jika kamu berkonsultasi terlebih dulu pada dokter untuk melihat reaksi alergi akan hal ini.

Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat beras merah lainnya adalah membuat kesehatan tulang menjadi semakin terjaga. Ini disebabkan magnesium di dalamnya adalah nutrisi penting untuk mengatasi masalah kepadatan tulang yang rendah.

Selain itu, konsumsi beras merah juga dapat mengurangi nyeri sendi dan mencegah pengapuran yang bisa menjadi penyebab terjadinya osteoporosis.

Kaya akan serat alami

Dibandingkan beras putih yang kandungannya lebih tinggi karbohidrat, beras merah merupakan jenis biji-bijian yang lebih banyak terdiri dari serat.

Sekitar 1 ¼ cangkir beras merah mengandung 2 gram serat dan itu adalah sekitar 8 persen dari kebutuhan serat harian orang dewasa. Pemenuhan serat yang baik akan mencegah terjadinya sembelit dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Diet beras merah

Jika kamu sedang melakukan diet, berikut ini panduan pola makan berdiet dengan nasi merah yang perlu kamu ketahui:

1. Sarapan

Sarapan adalah makanan penting untuk membantu suplai energi agar lancar melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Diet dengan nasi merah berarti kamu memasukkan nasi merah ke dalam setiap menu makananmu.

Menu sarapan bagi kamu yang ngin menjalani diet nasi merah adalah 5 sendok nasi merah + sayuran hijau yang dikukus, seperti brokoli + 1 gelas jus buah.

Makan Siang

Pada jam makan siang, kamu boleh mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak dari sarapan. Porsi nasi merah yang dapat kamu konsumsi untuk makan siang adalah sebanyak satu centong nasi.

Sedangkan pilihan lauk yang baik dan tidak menggemukkan badan, antara lain, telur yang tinggi protein, dada ayam, dan ikan. Ingat, pilihlah jenis makanan yang tidak digoreng, melainkan direbus atau dikukus karena lebih sehat dan rendah lemak.

Makan Malam

Pada malam hari, kamu disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Jadi, untuk makan malam, kamu cukup mengonsumsi setengah porsi nasi merah yang bisa ditambah dengan pilihan lauk, seperti salmon panggang, sop sayur bayam bening, serta tumis sayur dan tahu.  

Cara memasak beras merah

Cara memasak beras merah pun juga cukup mudah, pertama pilihlah beras dengan kualitas yang bagus. Kemudian bilas dengan air bersih sebelum di masak., kamu juga bisa merendamnya jika menginginkan hasil yang lebih empuk.

Sangat disarankan agar kamu memasak nasi secara manual untuk mendapatkan hasil yang pulen.

Demikian manfaat sehat dari beras merah untuk tubuh kamu. Pilih beras merah berkualitas baik untuk memaksimalkan manfaatnya, ya!

Jika kamu merasa memiliki pertanyaan seputar manfaat beras merah, jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor yang dapat diakses melalui aplikasi Grab 24/7 sekarang.

 148 total views,  2 views today