Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN Media

Sama seperti mendaftar masuk perguruan tinggi, melamar pekerjaan juga susah-susah gampang. Kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja lainnya untuk mendapatkan satu posisi di sebuah perusahaan.

Selain saingan yang banyak, berbagai tahap tes dan wawancara juga akan kita lewati untuk menentukan cocok atau tidaknya posisi yang kita lamar. Sudah lolos screening CV, tapi gagal saat berhadapan langsung dengan recruiter. Gimana, sih, caranya supaya kita bisa sukses wawancara dan lolos saat melamar pekerjaan?

Dalam original content Popbela Flight Mode minggu ini, Merina Anindita (Senior Talent Acqusition) dan Shofia Anugraha (Talent Acqusition Associate) berbagi tips untuk kamu supaya sukses saat melamar kerja. Apa saja, ya, tipsnya?

Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN MediaCanva.com, Edited by Niken Ari

Untuk kamu yang baru saja lulus sekolah dan ingin melamar pekerjaan, ada tiga hal yang dilihat dari recruiter. Pertama, pengalaman magang yang pernah kamu lakukan. Dari pengalaman magang ini, recruiter menilai kalau kamu pernah ‘mencicipi’ dunia kerja, sehingga saat diterima nanti kamu nggak terlalu kaget dengan lingkungan kerja.

Kedua, pengalaman organisasi. Jika kamu nggak memiliki pengalaman magang, pengalaman organisasi menjadi hal lain yang dipertimbangkan. Sebab, melalui pengalaman organisasi, sedikit banyak kamu juga memiliki pengalaman memecahkan masalah.

Ketiga, latar belakang pendidikan. Bagaimana kalau kamu nggak memiliki pengalaman magang atau organisasi? Recruiter akan melihat latar belakang pendidikan terakhir kamu. Apakah pendidikanmu ini cocok dengan jenis pekerjaan yang dilamar atau tidak.

Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN MediaCanva.com, Edited by Niken Ari

Kalau kamu pernah bekerja sebelumnya dan ingin pindah ke pekerjaan baru, kamu bukan lagi termasuk fresh graduate, Bela. Kamu sudah termasuk calon karyawan yang memiliki pengalaman kerja (experienced). Tiga hal yang dilihat dari recruiter adalah sebagai berikut.

Pertama, pengalaman bekerja. Tentu pelamar kerja yang memiliki pengalaman yang sama dengan lowongan yang dilamarnya akan memiliki nilai plus. Pengalaman kerja di tempat sebelumnya diharapkan akan berguna dan menjadi masukan tersendiri di perusahaan baru tersebut.

Kedua, lama bekerja. Calon pelamar kerja berpengalaman juga dilihat dari lamanya ia bekerja di suatu perusahaan. Jika seorang pelamar kerja memiliki pengalaman kerja dalam jangka waktu hingga tahunan di perusahaan sebelumnya, artinya ia cukup loyal dengan perusahaan. Sebaliknya, recruiter akan mempertimbangkan calon pelamar jika waktu bekerja sang calon pelamar hanya dalam hitungan bulan.

Ketiga, isi CV yang rapi. Jika sudah berpengalaman, recruiter berharap si calon pelamar kerja mengirimkan CV yang formal, rapi dan minim kesalahan. Cek kembali CV kamu saat akan melamar dan jangan sampai ada typo atau informasi yang salah di dalamnya, ya.

Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN MediaCanva.com, Edited by Niken Ari

Kalau tips tentang CV di atas sudah kamu lakukan dan berhasil lolos untuk diundang ke tahap selanjutnya atau wawancara, tiga hal ini paling dilihat dari recruiter. Apa saja, ya?

1. Kesiapan pelamar kerja

Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN MediaPexels.com/Gustavo Frings

Tidak datang terlambat ke lokasi wawancara menjadi bukti kalau kamu memang siap untuk melakukan wawancara tersebut. Persiapkan diri sebelumnya dengan sarapan yang cukup, bawa berkas yang dibutuhkan dan menggunakan pakaian yang rapi. Akan lebih baik jika kamu datang lebih awal dari pada terlambat.

2. Memahami posisi yang dilamar

Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN MediaPexels.com/Andrea Piacquadio

Pahami posisi yang kamu lamar dan tahu seperti apa kira-kira jobdesk kamu nantinya. Ada baiknya untuk mempelajari terlebih dulu posisi yang kamu lamar sebelum wawancara. Sehingga saat proses wawancara berlangsung, kamu bisa menjawabnya dengan lancar.

3. Profesionalitas dan sikap diri

Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN MediaPexels.com/Fauxels

Gesture atau sikap diri juga menjadi penilaian tersendiri bagi recruiter. Bagaimana cara kamu menjawab, posisi tangan ketika berbicara, hingga tatapan mata akan menunjukan profesionalitas kamu. Supaya nggak grogi, kamu bisa berlatih wawancara dengan temanmu terlebih dulu.

Selain tips di atas, kamu bisa melihat bedanya CV yang menarik dan yang kurang menarik di mata recruiter. Seperti apa CV-nya? Simak video di bawah ini.

Itu dia tips sukses wawancara dan melamar pekerjaan dari recruiter IDN Media. Semoga bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impian, ya!

Baca Juga: 5 Aturan Menjawab Pertanyaan Tentang Kelemahan Saat Interview Kerja

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerja

Baca Juga: 5 Alasan Perusahaan Hilang Kabar Setelah Wawancara

 142 total views,  2 views today